Sukses

Penyakit yang Patut Diwaspadai Selama Mudik

Tidak hanya kecelakaan, selama melakukan perjalanan mudik pun para pemudik berisiko mengalami masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya kecelakaan, selama melakukan perjalanan mudik pun para pemudik berisiko mengalami masalah kesehatan. Keracunan makanan, infeksi saluran pernapasan atasan (ISPA), diare hingga penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes millitus, dan asma.

Baca juga : Ribuan Pos Kesehatan Disiagakan untuk Pemudik 2015

"Maka itu, periksakan diri terlebih dahulu sebelum mudik dan jangan tergoda tawaran orang yang tak dikenal," kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek dalam Apel Siaga Jelang Mudik Lebaran di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Selain itu, jangan sembarangan menyantap setiap makanan di jalur mudik, dan jangan lupa untuk menyuci tangan. Baca juga : Ini Pesan Menkes bagi Para Pemudik

Mudik, kata Menkes, merupakan sebuah kegiatan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Guna mewujudkan mudik yang aman, nyaman, dan sehat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menyiapkan ribuan pos kesehatan di sepanjang jalur mudik Lebaran.

"Karena fisik biasanya menurun ketika mudik, calon pemudik harus sehat sebelum dan ketika mudik," kata Menkes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini