Sukses

5 Makanan yang Bikin Anda Mudah Mengantuk

Bukan hanya kangkung, sejumlah makanan lain ternyata bisa membuat Anda mengantuk

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya kangkung, sejumlah makanan lain ternyata bisa membuat Anda mengantuk. Jumlah kalium yang tinggi pada makanan ini dapat menurunkan tekanan darah dan berujung pada rasa kantuk.

Lantas, apa saja makanan lainnya yang bisa membuat Anda mengantuk? simak ulasannya, seperti dikutip Oprah, Rabu (30/6/2015):

1. Salad

Meski menyehatkan, namun menurut Direktur Gizi di Pusat Kebugaran di Durham, North Carolina, Elisabetta Politi, RD, MPH, mengonsumsi salad di waktu yang salah dapat menyebabkan kantuk.

"Salad hanya terdiri dari potongan selada, wortel serut, tomat dan sayuran segar lain. Tapi dalam semangkuk salad, Anda hanya mendapatkan sekitar 200 kalori, tak heran Anda cepat lapar dan mudah mengantuk," katanya.

Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Marisa Moore, RD mengatakan, makan salad dengan menambahkan saus seperti madu mustard atau raspberry vinaigrette biasanya juga tinggi gula sehingga dapat membuat rasa kantuk.

Untuk mencegah kantuk di siang hari, coba tambahkan sayuran dengan protein seperti ayam, dan karbohidrat kompleks agar dapat membakar energi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keju dan yoghurt

2. Keju dan Yoghurt

Pakar gizi klinik dari Pusat Kedokteran Integratif di Klinik Cleveland mengatakan, produk olahan susu dapat mengembangkan reaksi imunologis (intolerasi kasein dan whey) terhadap protein sehingga mereka rentan mengalami kelelahan.

3. Pisang atau kacang

Pisang tinggi akan magnesium dan mineral yang membantu sel-sel otot tubuh menjadi rileks. Begitu juga sumber magnesium lain seperti kacang-kacangan, terutama almond, kacang mete dan kacang tanah. Namun dosis tertentu, akan membuat seseorang mengalami rasa kantuk yang tidak biasa.

3 dari 3 halaman

Makan nasi



4. Makan nasi sebelum tidur

Saat Anda kenyang dan tidak melakukan aktivitas apapaun, Anda bisa merasa mengantuk. Begitupun saat Anda makan nasi beserta lauknya sebelum tidur. Meski membuat Anda mengantuk namun kebiasaan ini dapat menyebabkan asam lambung atau reflux gastroesophageal. Hindari makan sebelum tidur, konsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan seperti almond, yang tidak menyebabkan masalah tidur.

5. Makanan manis

Saat Anda mengonsumsi makanan manis, Anda akan menghasilkan lebih sedikit cairan lambung dan enzim yang membantu mencerna gula dan lemak. Pada akhirnya, Anda akan merasa mengantuk dan menumpuk lemak dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini