Sukses

Ini Pesan Menkes bagi Para Pemudik

Tidak ada salahnya calon pemudik untuk menjalani pola hidup sehat agar tubuh dalam keadaan sehat dan fit sebelum mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Meski Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menyiagakan ribuan pos kesehatan di sepanjang jalur mudik Lebaran, tidak ada salahnya calon pemudik untuk menjalani pola hidup sehat agar tubuh dalam keadaan sehat dan fit ketika mudik.

"Karena fisik biasanya menurun ketika mudik," kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F Moeloek di acara apel siaga persiapan mudik di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta (30/6/2015).

Baca juga : Ribuan Pos Kesehatan Disiagakan untuk Pemudik 2015

Selain itu, hati-hatilah dalam menyantap makanan. Baik sebelum berangkat mudik atau di perjalanan menuju kampung halaman. Sebab, para pemudik rentan sekali mengalami keracunan makanan. "Kalau bisa cek dulu makanan yang akan dimakan. Dan jangan lupa cuci tangan," kata Menkes usai melakukan apel.

Menkes pun berpesan agar para pemudik lebih berhati-hati selama di perjalanan. Terlebih barang bawaan dan dompet.

"Saya tahu betul bahwa barang bawaan yang biasa dibeli di sini untuk keluarga adalah hal yang menyenangkan. Namun, kita juga harus hati-hati terhadap barang-barang itu. Sama kayak bawa uang, kalau bisa ditransfer saja," kata Menkes yang juga berharap banyak bank buka selama Hari Raya Idul Fitri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.