Sukses

Buah Ini Bisa Membuat Anda Lebih Bahagia

Enzim dalam buah ini mampu meningkatkan hormon serotonin dan dopamin dalam tubuh.

Liputan6.com, London - Nama buah blackcurrant memang tak terlalu dikenal masyarakat Indonesia. Buah bernama ilmiah Ribes nigrum ini berasal dari tanaman semak tanpa duri yang banyak ditemukan di Asia bagian utara, serta Eropa tengah dan utara ini ternyata mampu membuat suasana hati jadi lebih bahagia serta meringankan penyakit neurodegeneratif.

Belum lama ini, studi yang dipublikasikan online dalam Journal of Functional Food mengungkapkan segelas jus blackcurrant bisa membuat Anda lebih bahagia hingga membantu meringankan gejala gangguan pada otak seperti Parkinson.

Fakta ini ditemukan setelah studi yang dilakukan peneliti asal Selandia Baru bekerjasama dengan Northumbria University. Mereka melakukan penelitian terhadap 36 orang dewasa yang diberikan 250 ml jus blackcurrant, 250 ml ekstrak blackcurrant, dan ada juga yang minum plasebo.

Setelah menjalani serangkaian penelitian, diketahui bahwa orang yang mengonsumsi salah satu dari minuman blackcurrant membuat perhatian dan suasana hati meningkat dan kelelahan mental berkurang.

Hal ini disebabkan terdapat enzim monoamine oksidase yang merangsang hormon serotonin dan dopamin yang memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Selain itu, para ilmuwan percaya blackcurrant bisa membantu mengobati pasien dengan penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson.

"Penelitian ini sangat menarik, untuk pertama kali diketahui manfaat konsumsi blackcurrant bagi kinerja kesehatan mental seseorang," terang ilmuwan Northumbria University Kristal Haskell-Ramsay seperti dilansir laman Telegraph, Selasa (30/6/2015).

 

Baca juga:

Pintar Saja Tak Cukup Bikin Anda Bahagia

8 Hal yang Dilakukan Orang-orang Bahagia

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini