Sukses

Apa Isi Semprotan di Kaki Atlet yang Cedera?

Kita pun bertanya-tanya, apa sebenarnya cairan yang disemprotkan itu? Adakah campuran khusus sehingga cairan itu perlu diberikan?

Liputan6.com, Jakarta Penikmat pertandingan sepak bola mungkin sudah tidak asing melihat seorang petugas kesehatan menyemprotkan sesuatu ke kaki pemain yang mengalami cedera. Kita pun bertanya-tanya, apa sebenarnya cairan yang disemprotkan itu? Adakah campuran khusus sehingga cairan itu perlu diberikan ke atlet yang cedera?

"Itu bukan apa-apa. Cuma semprotan yang biasa yang memiliki sifat air es cepat," kata Fisioterapis Tim Nasional Indonesia, Matias Ibo, saat berkunjung ke Redaksi Health Liputan6.com, SCTV Tower, Lantai 14, Senayan City ditulis Senin (29/6/2015).

Lebih lanjut, semprotan tersebut memiliki rasa yang dingin, yang bertujuan mencegah terjadinya peradangan di bagian yang cedera itu. Hanya saja, semprotan itu tidak boleh diberikan sembarangan. Tidak semua atlet yang cedera akan disemprotkan cairan itu.

"Hanya boleh diberikan jika terjadi benturan dan luka yang tertutup. Jika lukanya terbuka dikasih semprotan itu, akan terasa sangat panas. Kram juga nggak boleh disemprotkan itu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini