Sukses

Hadapi Lebaran, Dinkes Jabar Siagakan 36 Rumah Sakit

Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat menyatakan sebanyak 36 rumah sakit rujukan di kabupaten/kota se-Jabar wajib siaga selama 24 jam

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat menyatakan sebanyak 36 rumah sakit rujukan di kabupaten/kota se-Jabar wajib siaga selama 24 jam pada saat pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2015/1436 Hijriah.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya sebanyak 36 rumah sakit rujukan yang ada di seluruh Jawa Barat harus siaga dalam menghadapi arus mudik tahun ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati di Bandung, Senin.

Alasan Rumah Sakit Umum Daerah di setiap kabupaten/kota harus siaga selama arus mudik Lebaran tahun ini, kata dia, ialah agar mempermudah pelayanan kesehatan selama arus mudik atau arus balik.

Ia mengatakan, selain rumah sakit tersebut pihaknya juga telah menyiagakan sejumlah kendaraan operasional seperti mobil ambulans untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Tentunya kita siagakan kendaraan jika diperlukan, kemudian puskesmas dan tenaga medis juga kita siagakan selama arus mudik dan balik nanti," ujar dia.

Sementara itu, pada Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lodaya-2015 yang diadakan di Mapolda Jawa Barat, Alma menuturkan juga dibahas tentang peran serta dari Dinas Kesehatan dalam menghadapi arus mudik dan balik.

"Namun memang kemarin belum secara detail, prinsipnya sama tahun lalu, kita akan gabung dengan tim terpadu seperti dari Dinas Perhubungan, Polda Jabar, PMI juga ikut," kata dia.

Melalui rakor tersebut, lanjut dia, pihaknya mengutarakan harapan keberadaan Jalan Tol Cipali bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang biasa terjadi di Jalur Pantai Utara (Pantura).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini