Sukses

Menonton Video Kucing Baik untuk Kesehatan

Menonton video kucing dikaitkan dengan meningkatnya energi dan emosi positif.

Liputan6.com, Jakarta Studi terbaru yang dipublikasikan dalam Jurnal Computers in Human Behavior mengungkap, mengamati tingkah lucu kucing ternyata baik untuk kesehatan, yakni meningkatnya energi dan emosi positif. Demikian hasil penelitian ini diungkap seperti dilansir dari situs Fusion, Senin (29/6/6/2015). 

Survei ini melibatkan 7 ribu orang yang diminta menonton video kucing kemudian diteliti bagaimana dampaknya pada mood mereka. Tiga puluh enam persen partisipan mendeskripsikan diri sebagai pecinta kucing, 3 persen lainnya menganggap diri mereka pecinta anjing, sementara 60 persen sisanya mengatakan menyukai anjing maupun kucing. 

Berdasarkan survei, peneliti menemukan, partisipan merasakan peningkatan emosi positif seperti "harapan", "bahagia", dan "puas" setelah menonton video atau melihat foto-foto kucing. Mereka juga merasakan berkurangnya emosi negatif, seperti "cemas", "kesal", dan "rasa bersalah" setelah melihat tingkah lucu kucing di foto atau video. 

Penelitian juga menemukan jika seseorang menonton video kucing di kantor atau ketika mereka seharusnya belajar, rasa bersalah yang umumnya hadir karena menunda pekerjaan atau belajar tidak muncul. 

"Beberapa orang menganggap nonton video kucing secara online bukan topik yang cukup serius untuk penelitian akadademis. Tapi faktanya penggunaan internet untuk hal itu sangatlah populer saat ini," kata Jessica Gall Myrick, asisten profesor di The Media School di Indiana University. 

"Kalau kita ingin lebih mengerti efek dari internet terhadap kita sebagai individu dan masyarakat, para peneliti sebaiknya tak mengabaikan kucing-kucing internet lagi," tambah Jessica. 

Sayangnya studi ini memiliki kekurangan. Misalnya, peneliti mengakui bahwa sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan. Selain itu perbandingan responden antara yang menyukai anjing dan kucing begitu timpang. Penyuka anjing hanya tiga persen dibandingkan pecinta kucing yang berjumlah 36 persen. 

Meski begitu, kita tetap bisa mengambil sisi positif dari penelitian ini. Menonton video kucing bisa membantu mengurangi stres dan membuat Anda lebih bahagia, bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.