Sukses

4 Makanan Pemicu Migrain

Makanan juga salah satu pemicu ketidaknyamanan atau sensasi tekanan di salah sisi kepala alias migrain.

Liputan6.com, New Delhi- Tak cuma sinusitis, stres, atau kurang tidur yang sebabkan sakit kepala. Makanan juga salah satu pemicu ketidaknyamanan atau sensasi tekanan di salah sisi kepala alias migrain.

"Stres, perubahan hormonal, depresi, dan masalah tidur memang punay persentase besar sebabkan seseorang alami migrain. Namun, makanan dan minuman punya peran hingga 30 persen menyebabkan migrain," terang ahli gizim dokter Sunita Dube seperti dikutip laman The Times of India, Senin (29/6/2015).

Salah satu penyebab umum sakit kepala karena perubahan pola makan secara mendadak. Misalnya beralih dari diet kalori sangat rendah. "Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika mengurangi atau tidak menggunakan karbohidrat sepenuhnya," terang Dube.

Zat kimia yang dapat menyebabkan sakit kepala adalah tyramine. Ini adalah asam amino yang memicu sakit kepala yang membuat kadara serotonin di otak menurun dan mengubah lebar pembuluh darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minuman alkohol

Beberapa makanan atau minuman yang biasa kita santap mengandung zat kimia yang satu ini. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini:

1. Minuman beralkohol

(Foto: fitsugar.com)
Bagi sebagian orang, minum minuman beralkohol bisa memicu migrain. Hal ini disebabkan ada senyawa yang terdapat pada bir, wiski, dan anggur yang menguras kadar serotonin sehingga memicu munculnya migrain.

3 dari 4 halaman

Cokelat

2. Cokelat
Siapa sangka makanan lezat yang satu ini juga memicu migrain karena mengandung tyramine,

3. Kopi

(Foto: www.ealuxe.com)
"Kopi merupakan minuman adikftif yang dapat meningkatkan kewaspadaan mental dan konsentrasi. Namun, bisa juga sebabkan sakit kepala, lekas marah, dan gejala lain yang bervariasi dalam keparahan dari satu orang ke orang lain," terang ahli gizi klinis dokter Nupur Krishnan.

4 dari 4 halaman

Gula buatan

4. Gula buatan

 \


Gula alami yang terdapat dalam buah-buahan tak masalah bagi tubuh. Nah yang menyebabkan migrain adalah gula buatan. Bagi segelintir orang yang mengalami masalah dengan pemanis buatan bisa menderita sakit kepala.

 

 

Baca Juga:

Migrain Hilang Gara-gara Tak Lagi Minum Diet Soda

Bersepeda Bisa Hilangkan Migrain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.