Sukses

Menopause, Rajinlah Minum Segelas Jus Tomat

Komponen penting di dalam jus tomat bantu redakan gejala menopause. Manfaat lainnya, baik untuk jantung Anda.

Liputan6.com, New York- Dibandingkan mengonsumsi buah tomat, segelas jus tomat bagi wanita menopause disarankan oleh para ahli. Hal ini mampu mengurangi gejala menopause seperti cemas, mudah marah, dan hot flashes (gejalanya berupa rasa panas di dalam tubuh, diikuti dengan keluarnya keringat, serta jantung berdebar).

Penelitian yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal melibatkan 95 wanita berusia 40 hingga 60 tahun yang memiliki gejala menopause deiminta minum 200 ml jus tomat tanpa gula dua kali sehari selama seminggu.

Peneliti dari Tokyo Medical University di Jepang yang melakukan penelitian ini melacak detak jantung dan kolesterol serta gejala menopause pada minggu 4 dan 8.Ternyata setelah empat minggu, terjadi penurunan kadar trigliserigda. Lalu, gejala menopause pun menurun.

Menurut peneliti, hal ini terjadi karena kemungkinan komponen bioaktif seperti 13-okso-ODA dan asam lemak pada jus tomat mendukung kesehatan jantung. Jus tomat juga memiliki lebih banyak likopen dan antioksida yang dapat membantu mengurangi stres menopause.

"Zat lain yang secara alami ditemukan dalam jus tomat adalah neurotransmitter bernama asam gamma-aminobutyric (GABA) yang dapat membantu mengurangi hot flashes dan stres," pendapat dokter kandungan yang mengkhusukan diri pada pasien menopause, Steven A. Rabin, MD seperti dilansir dari laman Prevention, Sabtu (27/6/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.