Sukses

Pasien Hipertensi Tetap Harus Minum Obat Meski Hidup Sehat

Hanya saja kebanyakan pasien hipertensi menghentikan rutinitas tersebut setelah sadar telah menjalani hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Pasien hipertensi memang dianjurkan menjalani pola hidup sehat. Tentunya dengan tetap minum obat hipertensi secara teratur. Hanya saja kebanyakan pasien hipertensi menghentikan rutinitas tersebut setelah sadar telah menjalani hidup sehat.

Spesialis Saraf dari RSPI-Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati, Sp.S mengatakan, pengobatan seumur hidup yang dilakukan pasien hipertensi bukan sekedar mencapai angka normal pada tekanan darahnya saja, tapi juga menurunkan risiko komplikasi. Selain itu, obat hipertensi juga untuk mengurangi risiko stroke.

"Oleh karena itu, obat-obatan hipertensi tidak bisa digantikan dengan makanan sehat dan olahraga," kata Rubiana ditulis Jumat (26/6/2015)

Hipertensi adalah faktor risiko dari penyakit stroke. Setelah dinyatakan positif hipertensi, pasien dianjurkan minum obat seumur hidupnya. Dan juga harus menjalani pola hidup yang sehat. Mulai dari jadwal makan, jenis makanan, sampai jenis olahraga harus diperhatikan dengan benar.

"Minum obat itu untuk mencegah tekanan darah naik secara drastis. Karena ketika pasien merasakan sedih atau terlalu senang habis menerima kabar yang menyenangkan, tekanan darah itu bisa naik," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.