Sukses

Selain Susu, 4 Makanan ini Juga Sehatkan Gigi dan Tulang

Orang dewasa yang mengalami patah tulang, minum susu saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium per hari

Liputan6.com, Jakarta Rata-rata orang dewasa membutuhkan 1.000 miligram kalsium perhari guna menyehatkan gigi dan tulang. Dan selama ini, untuk mencukupi kebutuhan kalsium tersebut, kebanyakan dari kita lebih memilih minum susu ketimbang menyantap makanan sehat.

Bagi ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak yang sedang tumbuh, dan orang dewasa yang mengalami patah tulang, minum susu saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium per hari. Namun, harus diimbangi juga dengan makanan-makanan sehat lainnya. Berikut daftarnya, dikutip Boldsky pada Minggu (28/6/2015)

1. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin K yang penting untuk mempertahankan protein dan tulang. Brokoli sama baiknya seperti susu.

2. Kacang putih

Kacang putih kaya kalsium, folat, zat besi, serat larut, dan kalium. Semua jenis nutrisi ini diperlukan untuk mengurangi risiko osteoporosis. Kacang putih juga menyediakan magnesium yang cukup yang juga diperlukan untuk menyerap kalsium.

3. Edamame

Edamame adalah kacang kedelai yang belum matang yang dipetik sebelum pengerasan. Makanan yang umum dijumpai di restoran Jepang ini mengandung magnesium dan kalium dalam jumlah yang cukup tinggi.

4. Tofu

Tahu merupakan sumber kalsium yang terbuat dari susu kedelai. Cara menyantapnya juga mudah, cukup ditumis bersama sayuran hijau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini