Sukses

Dokter Angkat 150 Cm Rambut di Perut Remaja Ini

Dokter harus mengangkat rambut sepanjang 150 cm di perutnya.

Liputan6.com, New Delhi Dokter di India menemukan kasus seorang bocah yang makan rambutnya sendiri. Walhasil, dokter harus mengangkat rambut sepanjang 150 cm di perutnya.

Mengutip laman Dailymail, Jumat (26/6/2015), Kavita Kumari (15) ternyata telah makan rambut selama setahun terakhir. Dia seperti kecanduan makan rambutnya sendiri. Dia juga makan rambut yang tergeletak di sekitarnya. Dia telah kehilangan nafsu makan dan akan muntah tiap kali dipaksa makan, padahal perutnya semakin melemah.

Karena kondisinya kian memburuk, Kavita akhirnya dibawa ke tim medis. Dokter mendiagnosis Kavita dengan Rapunzel Syndrome, kondisi langka dimana seseorang mencerna rambut mereka sendiri. Biasanya kebiasaan ini terjadi pada anak-anak yang mengalami gangguan emosional atau cacat mental.

Seorang ahli bedah gastro dan laproscopic, Dr Lal Bahadur Sidharth, mengatakan, Kavita datang ke rumah sakit dan mengeluh sakit perut. Dia terlihat kurang gizi dan sangat lemah. Dia nyaris tidak bisa berdiri sendiri.

"Kami melakukan endoskopi dan ternyata ada banyak rambut dalam perutnya," kata Sidhart.

"2 jam kami melakukan operasi. Saya tidak menyangka bisa menemukan rambut sepanjang 150 cm di perutnya," katanya.

Sebelumnya, kasus serupa juga pernah terjadi di Kirgistan. Gumpalan rambut berukuran besar dengan berat empat kilogram (kg) berhasil dikeluarkan remaja berusia 18 tahun, Ayperi Alekseeva.

Di Cina pun pernah terjadi pada bocah berumur 12 tahun. Ada gumpalan rambut seberat 453 gram terlihat di dalam perutnya karena ia juga suka memakan rambut. Tapi pada akhirnya rambut itu berhasil dikeluarkan melalui operasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.