Sukses

Jamur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Jamur Ganoderma lucidum ternyata efektif mengurangi berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian di Taiwan menemukan, jamur Ganoderma Lucidum yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Cina, ternyata efektif mengurangi berat badan.

Penelitian yang diterbitkan di Nature Communications ini dipercaya dapat mengubah bakteri dalam usus sehingga bisa digunakan untuk mengobati obesitas.

Para peneliti dari Universitas Chang Gung mengatakan, jamur G. Lucidum secara tradisional telah dijual untuk meningkatkan kesehatan dan umur panjang. Tapi belum ada yang meneliti mengenai khasiat meluruhkan lemak.

"Tikus yang diteliti jauh lebih ramping ketika diberikan ektrak jamur G. Lucidum setelah minum sekaleng soda," ujar peneliti, seperti dikutip BBC, Sabtu (27/5/2015).

Tak hanya itu, tim menemukan, ekstrak jamur dapat digunakan sebagai pra-antibiotik untuk mengurangi pertambahan berat badan, peradangan kronis dan resistensi insulin (diabetes tipe 2) pada penyandang obesitas.

Seorang ahli mikrobiologi di University College Cork di Irlandia, Prof Colin Hill, mengatakan, begitu antusias dengan obat-obatan tradisional Cina. "Mikrobiosme ini tentu menjadi kunci dalam kenaikan berat badan dan penurunan berat badan. Tapi saya pikir, tidak ada intervensi bagi mereka yang suka mengonsumsi minuman bersoda."

Meskipun penelitian banyak mendapat respon positif, namun perlu pengujian lanjut pada manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.