Sukses

Gadis dengan Wajah Tua Rayakan Ultah ke-18

Kondisi genetik langka progeria membuat gadis 18 tahun ini seperti nenek-nenek.

Liputan6.com, London - Seorang gadis asal Filipina, Ane Rochelle Pondare, yang terlihat seperti nenek-nenek rayakan ulang tahunnya ke-18 tahun. Kondisi genetik langka progeria menyebabkan gadis ini membuat fisiknya menua dengan cepat sehingga nampak seperti berumur 144 tahun.

Sebagian besar orang dengan Progeria meninggal saat usianya 14 tahun, namun Ana berhasil hidup hingga usia 18 tahun. Kebahagiaan ini pun dirayakan secara meriah lewat pesta bertema putri-putrian.

Dalam pesta ulang tahunnya hadir juga idolanya seorang penyanyi dan aktris Filipina, Sarah Geronimo. Mereka pun tampak bahagia bertemu dan tak lupa berfoto-foto.

 

Ana, berfoto bersama idolanya, aktris dan penyanyi Sarah Geronimo (Foto: Daily Mail)

 

"Aku bukan gadis yang sempurna. Dokter mengatakan bahwa aku menua dengan cepat dan hidupku di dunia ini hanya hingga sekitar 15 tahun," ungkap Ana kepada CNN ireport di tahun 2011.

Menurut data dari Progeria Research Foundation ada 80 anak dengan progeria di dunia, dengan dua kasus di Filipina.

Progeria terjadi disebabkan musuh protein yang dikenal dengan progerin melawan dindning sel. Ahli bedah dokter Pierre Clero yang menangani Ane mencoba mengatur pola makan dan krim khusus untuknya seperti dilansir laman Daily Mail, Sabtu (27/6/2015).

 

Baca juga:

Progeria, si Kecil dengan Muka Tua Karena Kelainan Genetis

6 Penyakit Langka dan Aneh pada Manusia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.