Sukses

6 Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Namun tak banyak yang tahu cara menurunkan kolesterol dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari Anda mungkin telah mengerti bahaya kolesterol tinggi. Namun tak banyak yang tahu cara menurunkan kolesterol dengan mudah.

Seperti dikutip Times of India, Kamis (25/6/2015) ada beberapa cara mudah menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL). Bagaimana caranya? simak ulasannya:

1. Berhenti merokok

Sekarang juga, berhenti merokok. Merokok dapat membuat lapisan dalam arteri atau endotelium, semakin rusak. Karsinogen dan karbon monoksida juga dapat meningkatkan kolesterol dalam darah.

Merokok banyak diklaim para ahli kesehatan dapat menurunkan kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan tingkat kolesterol jahat (LDL).

2. Olahraga

Tak mesti olahraga di gym, menurunkan kolesterol bisa dilakukan hanya dengan berjalan rutin selama 40-60 menit setiap hari. Latihan seperti ini efektif mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hindari lemak jenuh



3. Menghindari lemak jenuh

Cara mudah mengusir kolesterol jahat adalah menghindari konsumsi lemak jenuh. Agar Anda terbiasa, gunakan minyak dalam satu kali pakai. Hindari gorengan, daging yang banyak lemak, kuning telur, dan semua produk olahan susu.

Asupan harian yang direkomendasikan untuk lemak jenuh adalah kurang dari 20 gram. Jadi hati-hati bila Anda mengonsumsi lemak jenuh secara berlebihan.

4. Menurunkan berat badan jika Anda kegemukan

Menurunkan berat badan dengan diet dan latihan setiap hari. Setiap jenis kegiatan ini termasuk berjalan, latihan beban, aerobik, bersepeda, berenang akan membantu menurunkan kolesterol jahat.

3 dari 3 halaman

Makan bayam



5. Makan bayam

Bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan kita dari kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Mengonsumsi seporsi bayam sehari-hari, dapat menjaga kita dari serangan jantung.

6. Makan ikan

Ikan adalah keajaiban kesehatan alami yang membantu menjaga kesehatan jantung, menghindari stroke dan kadar kolesterol tinggi. Menurut para ahli medis, rutin mengonsumsi makanan laut, terutama ikan, membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.