Sukses

Kanker Laring, Diawali dengan Serak yang Tak Kunjung Sembuh

Sudah diobati bahkan berpindah-pindah dokter namun suara tetap serak, segera periksakan ke dokter THT berpotensi gejala kanker laring.

Liputan6.com, Jakarta Jika mendapati suara berubah menjadi serak, sudah diobati bahkan berpindah-pindah dokter tak kunjung sembuh juga sudah seyogyanya Anda waspada dengan potensi terjadinya kanker laring atau pita suara seperti yang dialami Robby. Demikian diungkapkan dokter spesialis telinga hidung tenggorokan Budianto Komari.

"Saat dokter THT mendapati kasus seperti ini, akan mencurigai mengarah ke kanker laring. Sehingga akan dilakukan endoskopi untuk mengetahui kondisi pita suara," terang dokter Budianto yang berpraktek di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta saat dihubungi Health-Liputan6.com lewat sambungan telepon pada Selasa (25/6/2015).

Bila ditemukan ada daging yang tumbuh di pita suara, dokter THT akan menganjurkan biopsi (pengambilan contoh jaringan). Jika hasil patologi anatomi menyatakan positif kanker, dokter akan menentukan stadium kanker laring ini.

"Jika masih stadium 1 bisa dilakukan penyinaran sehingga tidak ada bekas operasi, stadium 2 bisa dengan sinar juga, tapi biasanya mulai dari stadium 2 ke atas akan melakukan operasi untuk mengangkat sel kanker. Nah, jika kanker sudah menyebar kemana-mana misal ke hati, paru-paru, tulang ya dilakukan kemoterapi," jelas dokter Budianto.

Kanker laring merupakan jenis kanker ketiga terbanyak ditemui di bidang telinga, hidung, tenggorokan setelah kanker nasofaring lalu kanker hidung dan sinus. Paling banyak mendera laki-laki dibandingkan perempuan, dengan perbandingan 8:1.

"Biasanya penderita kanker laring jika ditelusuri pernah merokok," tambahnya.

 

Baca Juga:

Robby, Mantan Perokok Dikabarkan Meninggal Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.