Sukses

Cara Aman dan Nyaman Puasa bagi Penderita Mag

Penderita mag dianjurkan untuk menghindari makanan yang dapat memperberat gejala sakit mag.

Liputan6.com, Jakarta Penderita mag tidak bisa sembarangan menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa dan saat sahur. Penderita mag dianjurkan untuk menghindari makanan yang dapat memperberat gejala sakit mag.

Dr Ari Fahrial Syam, Praktisi Kesehatan dari Fakultas Universitas Indonesia menyarankan agar penderita mag menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat.

Sayuran yang harus dihindari bagi penderita mag adalah sawi dan kol, buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon. "Dan makanan berserat tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan. Sedangkan minuman yang mengandung gas, tak lain adalah minuman bersoda," kata Ari ditulis Health Liputan6.com pada Kamis (25/6/2015)

Hindari juga makanan yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung, seperti kopi, minuman beralkohol 5 sampai 20 persen, anggur putih, sari buah sitrus atau susu full cream.

Selain itu, lanjut Ari, cukup konsumsi minuman manis dan 3 buah kurma saat adzan maghrib berkumandang. Ada baiknya untuk sholat Maghrib terlebih dahulu, baru setelah itu menyantap makanan besar dengan tetap memperhatikan jumlah dan macam makanan yang dikonsumsi.

"Perjalanan puasa Ramadan masih panjang. Harapannya, orang yang berpuasa dapat menyelesaikan puasa dengan sebaik-baiknya dan dalam keadaan sehat," harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.