Sukses

Cegah Dehidrasi Saat Puasa, Lakukan Pola Minum #AQUA242

Jika tidak segera mengganti cairan yang hilang, tubuh akan mengalami dehidrasi

Liputan6.com, Jakarta Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga tubuh tidak punya cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jika tidak segera mengganti cairan yang hilang, tubuh akan mengalami dehidrasi. Salah satu cara menjaga keseimbangan cairan ditubuh adalah dengan minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari.

Mengapa air putih yang utama? Karena air putih adalah cairan paling alami untuk mengembalikan cairan yang terbuang dari tubuh. Disamping itu, air putih mengandung 7 unsur mineral penting yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti Natrium, Magnesium, Kalsium, Kalium hingga Silika.

Ketika menjalankan puasa di bulan Ramadan, waktu untuk mengkonsumsi air putih terbatas setelah matahari terbenam hingga waktu subuh tiba. Kalau begitu, bagaimana caranya memenuhi asupan air minum ke tubuh yang jumlahnya minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas? Jawabannya adalah dengan pola minum 242 yang digagas oleh AQUA.

Pola minum #AQUA242 yang dimaksud adalah :

2 gelas air putih saat berbuka,

4 gelas saat makan malam sampai sebelum tidur, dan

2 gelas saat sahur.

“Selama berpuasa, tubuh kita tetap membutuhkan air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi.Dengan dibatasinya makan dan minum orang yang berpuasa, maka dapat mengatur konsumsi air dengan pola minum #AQUA242," jelas Health Marketing Director Danone AQUA, dr. Pradono Handojo, MHA.

Ahli Gizi dari Departemen Gizi Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Sri Sukmaniah MSc, SpGK juga menekankan pentingnya mengatur pola konsumsi air putih ini.

“Perlu keseimbangan dalam pilihan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka ataupun sahur. Termasuk keseimbangan hidrasi, jangan sampai kurang dari 8 gelas, tetapi tidak perlu berlebihan juga," ujar dr Sri.

Menurut dr. Sri, ketika sahur minum air putih 2 gelas saja sudah cukup untuk menjaga keseimbangan air saat berpuasa seharian.

Presenter Ferdy Hasan telah membuktikan sendiri pola minum #AQUA242 ini saat bulan Ramadan tahun lalu dan merasakan manfaatnya.

“Dulu saya sekeluarga sempat kesulitan mengatur asupan air putih saat menjalankan ibadah puasa. Pola minum #AQUA242 memudahkan kami menjaga tubuh tetap terhidrasi walaupun sedang berpuasa,” ujar Ferdy.

Dengan pola minum #AQUA242, kini Anda dan keluarga tidak perlu khawatir lagi mengalami dehidrasi ketika menjalankan puasa. Selain manjaga keseimbangan air dalam tubuh, jangan lewatkan juga asupan nutri makanan Anda konsumsi.

Selamat berpuasa

Baca Juga :

6 Hal Penting Agar Puasa Kamu Lancar

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.