Sukses

Agar Tak Lemas Selama Puasa, Lakukan 7 Hal Ini

Ada 7 hal yang dapat kita lakukan selama di bulan ramadan, agar tak mudah lemas meski tanpa asupan makanan dan minuman selama 13 jam

Liputan6.com, Jakarta - Berpuasa di bulan ramadan tidak hanya memurnikan jiwa saja, melainkan juga tubuh kita. Selain itu, bulan penuh berkah ini dapat kita jadikan sebuah kesempatan emas untuk menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat.

Namun yang terjadi justru sebaliknya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan olahan saat berbuka puasa atau sahur, membuat kebanyakan dari kita mengalami kenaikan berat badan.

Sebenarnya, cukup mudah bagi kita untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat selama di bulan ramadan. Berikut makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh disantap saat bulan ramadan, dikutip Boldsky, Rabu (24/6/2015) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan manis

1. Makanan manis

Usai berbuka puasa, ada kecenderungan untuk mengonsumsi makanan manis. Ada baiknya untuk tidak menghindarinya, karena ditakutkan dapat meningkatkan keinginan untuk menyantap makanan lain dalam jumlah yang besar. Untuk itu, pilih saja makanan manis yang sehat, seperti kurma, buah-buahan, kismis, cokelat hitam.

2. Makanan serat

Oat, roti gandum, buah-buahan, dan sayuran membuat perut terasa kenyang lebih lama. Makanan kaya serat ini baik untuk jantung, dan mencegah terjadinya sembelit.

3. Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak seperti gorengan merupakan primadona di bulan Ramadan. Saat berbuka puasa, kebanyakan dari kita lebih memilih menyantap gorengan ketimbang kurma dan air putih.

3 dari 4 halaman

Hindari menyantap makanan bersamaan

4. Hindari menyantap semua makanan secara bersama-sama

Hindari menyantap banyak makanan secara bersamaan saat berbuka puasa. Sebaiknya, makan satu atau tiga buah kurma yang diikuti dengan segelas air putih. Biarkan tubuh istirahat sejenak. Setelah salat Maghrib, barulah menyantap makanan besar. Tentunya, dengan jumlah yang cukup.

5. Lebih baik makan banyak di saat sahur ketimbang berbuka

Karena terlalu banyak menyantap makanan saat berbuka puasa, perut akan terasa kenyang saat akan sahur. Yang terjadi kita malas sahur, dan tubuh menjadi lemas karena tidak mendapatkan asupan apa pun. Jika sudah seperti ini, kita pun akan makan dalam jumlah banyak kembali saat berbuka.

4 dari 4 halaman

Minum air putih

6. Minum air putih

Selama bulan ramadan tubuh akan mengeluarkan banyak racun, sehingga tubuh membutuhkan air putih untuk memperlancar sistem pencernaan di tubuh. Minumlah lima sampai enam gelas air di saat berbuka puasa hingga waktu sahur.

7. Olahraga

Berpuasa bukanlah alasan kita untuk tidak berolahraga. Kita dapat jalan cepat usai menunaikan sholat subuh atau melakukan olahraga ringan selama beberapa menit. Hal serupa dapat juga kita lakukan satu jam sebelum waktu berbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini