Sukses

Gabungan 3 Bahan Ini Bikin ASI Makin Melimpah

Daun katuk mengandung zat saponin, flavonida, dan tanin yang diketahui dapat memperlancar keluarnya ASI.

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya bila sejumlah tanaman seperti daun katuk, daun pegagan, temulawak, dan kunyit diracik bersamaan? Ternyata, bahan-bahan itu dapat digunakan untuk memperbanyak volume air susu ibu (ASI).

Daun katuk mengandung zat saponin, flavonida, dan tanin yang diketahui dapat memperlancar keluarnya ASI. Temulawak dan kunyit, mengandung minyak atsiri yang juga dapat membantu produksi ASI. Sedangkan pegagan berkhasiat menambah nafsu makan, yang berefek pada bertambahnya produksi ASI.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkahnya dikutip dari buku Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa, Rabu (24/6/2015)

Bahan :

1 genggam daun katuk
1 genggam daun pegagan
2 jari rimpang temulawak
2 jari rimpang kunyit

Cara membuat :

Kupas kulit temulawak dan kunyit, lalu cuci bersih semua bahan. Tumbuk semua bahan sambil diberi air matang sedikit demi sedikit, kira-kira satu gelas. Aduk, saring. Saat hendak diminum, berikan madu atau gula aren dan sedikit air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini 1 kali sehari. 

Baca juga

Jamu Perbanyak ASI 

Kandungan ASI Ampuh Cegah Anak Derita Alergi 

Hebatnya ASI, Mampu Tangkis Bahaya Polusi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini