Sukses

Ramuan Pelancar Air Susu Ibu

Beragam kendala dihadapi seorang ibu manakala ingin memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif untuk si kecil.

Liputan6.com, Jakarta Beragam kendala dihadapi seorang ibu manakala ingin memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif untuk si kecil. Mulai dari ASI yang tidak lancar, hingga munculnya ruam kemerahan di sekitar payudara.

Namun, dengan ramuan herbal untuk ibu menyusui yang berasal dari bahan-bahan alami, kemungkinan kondisi semacam ini dapat dihindari.

Berikut resepnya seperti dikutip Health Liputan6.com dari buku Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa, Kamis (25/6/2015)

Bahan :

7 helai daun adem ati
3 rimpang kunyit
1 rimpang temulawak sebesar telur ayam
3 rimpang kencur
1 sendok teh mungsi
1 sendok teh adas

Cara membuat :

Cuci bersih semua bahan, lalu tumbuk sampai halus sambil diberi 2 gelas air matang. Peras dan saring. Saat akan diminum, tambahkan sedikit gula aren dan perasan air jeruk nipis. Minum 1 kali sehari.

Sebaiknya minum jamu ini 1 minggu setelah bersalin. Sebelumnya, ibu yang baru melahirkan ini sebaiknya diberi jamu beras kencur.

Bila tidak ada daun adem ati, boleh ditukar dengan 1/2 genggam daun pegagan.

Khasiat : 

Daun adem ati yang mengandung zat alkaloid, flavanoid, tanin, dan minyak atsiri berkhasiat untuk antiradang. Sementara itu, temulawak yang mengandung zat kurkumin dapat memperlancar keluarnya ASI.

Kemudian, kencur dan adas yang sifatnya menghangatkan dapat mengurangi rasa sakit. Mungsi, selain bersifat menghangatkan juga dapat menambah nafsu makan dan tubuh menjadi segar.

Jamu ini berguna untuk mencegah mastitis dan mengembalikan kesehatan ibu yang sedang menyusui.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.