Sukses

7 Penyebab Rasa Nyeri pada Payudara

Mengkonsumsi kopi kebanyakan bisa berkontribusi terhadap nyeri di payudara Anda.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang harus perempuan lakukan ketika tiba-tiba payudara atau putingnya sakit? Jangan khawatir dulu bahwa itu tanda-tanda yang menakutkan. Ada banyak penyebab payudara dan puting terasa sakit. Kebanyakan kasus, alasannya sama sekali tidak berbahaya.

Berikut beberapa penyebab payudara dan puting sakit seperti dikutip allwomenstalk, Rabu (23/6/2015).

1. Minum kopi

Mengkonsumsi kopi kebanyakan bisa berkontribusi terhadap nyeri di payudara Anda. Meskipun minum kopi tak langsung membuat nyeri di payudara, mengkonsumsi kopi ketika sakit atau nyeri bisa membuat rasa tak nyaman semakin buruk. Biasanya hormon menjadi alasan Anda menjadi tidak nyaman,  tapi kopi bisa membuatnya lebih buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukuran bra kurang pas

2. Ukuran bra kurang pas

Mengenakan bra yang ukurannya pas sangat penting. Jika bra Anda terlalu besar atau terlalu kecil, payudara Anda terasa sakit. Bra yang terlalu ketat akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Sedangkan bra yang terlalu besar tidak akan memberikan dukungan yang cukup untuk payudara wanita.

3. Olahraga

Berolahraga di gym atau jogging juga dapat menyebabkan payudara sakit jika latihan tidak dilakukan semestinya. Nyeri di otot dada akan diterjemahkan ke dalam nyeri di payudara Anda. 

3 dari 4 halaman

Sport bra tidak pas

4. Sport bra tidak pas

Jika Anda menjalani hidup aktif dengan berolahraga, Anda harus memastikan sering membeli bra olahraga (sport bra) baru  karena payudara membutuhkan lebih banyak dukungan. Pastikan untuk membeli bra olahraga yang sesuai dan jika payudara Anda lebih besar, pastikan bra bisa menangani gerakan ekstra dan kuat.

5. Pil KB

Saat payudara sakit biasanya penyebabnya selalu perubahan hormonal. Seringnya disebabkan jenis Pil KB. Periksa label atau pemberitahuan kecil tentang peringatan efek samping nyeri payudara. Tapi, tak semua perempuan mengalami nyeri payudara saat minum pil KB. Bicaralah dengan dokter Anda dan beralih ke metode pengendalian kelahiran yang tidak akan menyebabkan malapetaka dengan hormon Anda.

4 dari 4 halaman

Pramenstruasi

6. Pramenstruasi

Alasan paling umum nyeri payudara karena PMS, ketika hormon wanita berubah hingga haid tiba.

7. Hamil

Nyeri payudara juga bisa menjadi tanda kehamilan. Jika Anda telah melakukan hubungan seks tanpa kondom, pastikan untuk melakukan tes kehamilan dan diperiksa untuk penyakit menular seksual. Jika Anda telah melewatkan menstruasi, jangan langsung berkesimpulan sebelum Anda sudah melakukan tes kehamilan. (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini