Sukses

Ramuan agar Payudara Tak Merah Saat Menyusui

Mastitis adalah infeksi jaringan payudara yang mengakibatkan nyeri, bengkak, kemerahan di bagian payudara.

Liputan6.com, Jakarta Mastitis kerap terjadi pada perempuan yang baru saja melahirkan. Dan paling sering memengaruhi perempuan yang menyusui, meski tak jarang kondisi ini juga menimpa perempuan yang tidak menyusui.

Mastitis adalah infeksi jaringan payudara yang mengakibatkan nyeri, bengkak, kemerahan di bagian payudara. Kemungkinan juga perempuan tersebut akan mengalami demam dan menggigil.

Perempuan dapat mencegah dan mengatasi mastitis menggunakan tapel ibu yang dapat diracik sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami.

Berikut caranya dikutip dari buku Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa pada Selasa (23/6/2015)

Bahan 

1 genggam daun lembayung

1 jari rimpang kencur

Cara membuat

Kupas kencur, dan cuci bersamaan daun lembayung hingga bersih. Tumbuk kedua bahan ini sampai halus, dan peras. Ambil airnya, oleskan ramuan ini dua kali sehari pagi dan sore hari setelah mandi di sekitar buah dada.

Khasiat

Daun lembayung mengandung protein, kalsium yang tinggi, fosfor, besi, magnesium, belerang, dan vitamin B1, B2, dan C berkhasiat mencegah dan mengatasi mastitis. Kencur yang berkhasiat sebagai antiradang dapat mengurangi pembengkakan atau mastitis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini