Sukses

Intip 5 Makanan Sehat Asli Betawi

Liputan6.com, Jakarta Setiap 22 Juni, Jakarta merayakan hari jadinya. Tak hanya memiliki aspek sejarah yang kuat, kota pelabuhan yang namanya sempat berganti-ganti dari Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia dan Jakarta ini memiliki daya tarik kuliner yang tak kalah enaknya dengan daerah lain.

Tapi sebagian dari Anda mungkin tidak menyangka kalau makanan khas Betawi ternyata memiliki efek kesehatan. Tak percaya? Simak ulasannya, seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber berikut:

1. Gado-gado

Ya, campuran beberapa jenis sayuran dengan bumbu kacang yang khas membuat gado-gado bukan hanya dikenal di kampung si Pitung tapi juga dunia.

Pada 2010 lalu, presiden Amerika Serikat, Barrack Obama bahkan menyatakan kerinduannya terhadap makanan ini. Masyarakat pun kerap menyebut makanan ini sebagai seladanya orang Indonesia.

Guru Besar Departemen gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah MS sempat mengatakan, gado-gado lebih sehat dibandingkan salad atau makanan Eropa lainnya. Alasannya, bahan yang segar ditambah bumbu kacang, baik untuk kesehatan jantung.

2. Nasi goreng daun mengkudu

Meski makanan ini telah jarang ditemui di Jakarta, namun masyarakat asli Betawi masih banyak yang memasak makanan ini. Sebenarnya, yang membuat makanan ini sehat adalah campuran daun mengkudu yang unik.

Berbeda dengan nasi goreng biasa, nasi goreng daun mengkudu ini memiliki rasa khas yang agak pahit sehingga tidak semua orang bisa menyukainya.

Tapi dalam urusan kesehatan, tidak perlu diragukan. Daun mengkudu telah menjadi obat tradisional selama lebih dari 2000 tahun. Banyak orang Betawi percaya, daun mengkudu bisa membantu menurunkan berat badan dan menjadikan kulit lebih sehat.

3. Semur jengkol

Jengkol atau dalam bahasa ilmiahnya archidendron pauciflorum memiliki manfaat kesehatan karena mengandung karbohidrat yang tinggi, protein, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin.

4. Kolang kaling

Di balik rasa dan bentuknya yang unik, ternyata buah atep dari pohon enau ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan mineral seperti potasium, zat besi, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh.

Kandungan serat yang tinggi pada kolang kaling juga membuat buah ini baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu
buah ini cenderung lebih lama dicerna sehingga dapat menekan nafsu makan dan menyimpan energi lebih lama.

5. Bir pletok

Ada yang belum pernah mencobanya? Bir pletok merupakan minuman tradisional khas Betawi. Meski namanya bir, tapi minuman ini sama sekali tidak memabukkan karena tidak mengandung alkohol, melainkan terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, daun pandan dan serai.

Artikel Selanjutnya
Puasa Tak Turunkan Kualitas Sperma
Artikel Selanjutnya
Lawan Kanker dengan Menelan Baterai