Sukses

Seorang Ibu Kaget Foto Anaknya di Akun Instagram Jual Bayi Murah

Pengguna Path dibikin geger oleh postingan seorang ibu yang mengaku foto buah hati tercinta terpampang di salah satu akun Instagram

Liputan6.com, Jakarta Pengguna Path dibikin geger oleh postingan seorang ibu yang mengaku foto buah hati tercinta terpampang di salah satu akun Instagram dengan nama @jualbayimurah. 
 
Adalah Sabrina, perempuan yang kini berdomisili di Bandung telah menjadi korban. Tidak pernah sedikit pun terlintas di benaknya jika hal-hal semacam ini menimpa dirinya.
 
"Teman-teman, tolong bantu report akun IG ini ya, @jualbayimurah. Dia memasang foto anak saya dengan caption yang sama sekali tidak benar," tulis Sabrina di akun Path pribadi.
 
Lebih lanjut, Sabrina mengetahui bahwa telah menjadi korban oknum tidak bertanggung jawab dari seorang teman yang secara tidak sengaja membuka akun tersebut, dan mencurigai satu foto yang mirip sekali dengan anaknya. "Semoga akun ini segera ditutup, dan tidak ada orang lain yang dirugikan," lanjut Sabrina.
 
Menurut dia, apa yang kini terjadi padanya dapat dijadikan pelajaran orangtua lainnya untuk lebih berhati-hati dalam memosting foto-foto anak di media sosial.
 
Tim Health Liputan6.com coba menelusuri akun @jualbayimurah tersebut. Pada Jumat (19/6/2015) pengikut (followers) akun tersebut hanya 131. Namun pada Sabtu (20/6/2015), jumlahnya bertambah menjadi 438 akun.
 
Meski menamai akunnya dengan jual bayi murah, namun alamat yang terpampang di situ mengarah ke salah satu panti asuhan bayi bernama Paratasih yang terletak di Jalan Jatinegara Barat Nomor 122, Jakarta, 13320. Nomor telepon yang dapat dihubungin adalah 8514938.
 
Kami coba mencari tahu, apakah panti asuhan tersebut benar-benar ada atau rekayasa. Ternyata, panti asuhan tersebut benar-benar ada, tapi mereka tidak mengasuh bayi. Dan nomor telepon tersebut pun tidak dapat dihubungin. Bisa dikatakan, segala informasi yang terpampang di akun tersebut asal main comot saja.
 
Seharusnya akun tersebut sudah ditutup jika memang banyak pengguna melapor langsung ke Instagram. Nyatanya, akun @Jualbayimurah masih dapat diakses.
 
Foto-foto bayi tidak jelas anak siapa
 
Sedangkan keterangan yang tertera di foto anaknya Sabrina, akun ini menyatakan bayi mungil tersebut bebas untuk diadopsi. "Ini bayi ditinggalkan oleh kedua orangtuanya karena ibunya diperkosa oleh seorang lelaki. Tetapi lelaki itu tidak mau bertanggung jawab, maka ibunya menitipkan di anti asuhan kami," tulis akun @jualbayimurah.
 
Bagi yang berminat, lanjutnya, dipersilahkan menghubungi panti asuhan tersebut. "Pengiriman bayi tidak dapat melalui JNE/TIKI, tetapi ambil langsung di tempat panti asuhan," tulisnya.
 
Salah satu musisi yang juga aktif di media sosial, Anji mengatakan, kemungkinan akun tersebut sengaja dibuat untuk menarik orang-orang agar mengikutinya (mem-follow). Nantinya, setelah jumlah pengikut sudah banyak, akun itu bakal digunakan untuk jualan. 
 
Lewat akun Instagramnya @duniamanji, mantan vokalis Drive ini mengimbau agar jangan klik follow di akun tersebut. "Saya lagi coba report. Kalau ada yang mau coba, mari," tulis Anji kemarin malam.
 
Ada yang membeli?
 
Belum lagi diketahui siapa pemilik akun @Jualbayimurah dan apa motif di baliknya, tiba-tiba saja muncul akun dengan nama @ysukma yang disebut-sebut sebagai pembelinya.
 
Dari hasil capture-an yang ramai dipost di Path, Y Kusuma memperlihatkan foto sambil menggendong anak dengan keterangan foto ucapan terimakasih kepada akun @Jualbayimurah karena `barangnya` telah sampai.
 
"Thanks ya, kak, barangnya sudah sampai," tulis Y Kusuma sambil nge-tag ke akun @jualbayimurah.
 
Namun, tak lama kemudian keterangan foto itu berganti menjadi,"Baby, you light up my world like nobody else."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini