Sukses

Takut MERS, Hampir 2 Ribu Orang Indonesia Batal ke Korea

Meski jumlah korban akibat MERS mulai berkurang, namun ketakutan akan tertular penyakit ini masih banyak dikhawatirkan

Liputan6.com, Jakarta Meski jumlah korban akibat MERS mulai berkurang, namun ketakutan akan tertular penyakit ini masih banyak dikhawatirkan. Korea Tourism Organization (KTO) mencatat, 1.900 orang Indonesia batal mengunjungi Negeri ginseng tersebut.

Direktur Korea Tourism Organization, Mr Hyonjae Oh mengatakan, penurunan jumlah kunjungan wisatawan memang berkurang sejak awal Mei 2015. Isu MERS adalah alasan paling kuat mereka membatalkan perjalanan.

"Secara keseluruhan, ada 120 ribu orang yang membatalkan perjalanan wisata ke Korea. 1.900 di antaranya masyarakat Indonesia," katanya saat konferensi pers di Korea Trade Center, Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Bila dibandingkan dengan bulan Mei 2015, kata dia, jumlah wisatawan pada bulan Juni ini menurun hingga 20-25 persen. Padahal pemerintah Korea telah meningkatkan sterilisasi di sejumlah akses wisata.

"Untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk wisatawan asing, KTO telah mendistribusikan safety supplies seperti handsanitizer, termometer dan masker kepada 2.268 perusahaan termasuk fasilitas akomodasi, pertokoan, restoran dan bus pariwisata yang digunakan grup tur," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini