Sukses

10 Cara Memperbaiki Mental untuk Obati Penyakit

Membebaskan diri dari emosi negatif lewat MindBody Medicine agar membuat tubuh lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa emosi negatif seperti perasaan luka yang mendalam, kebencian yang tersimpan lama dan mendalam bisa menjadi penyakit-penyakit fisik di kemudian hari.

Hal seperti ini dirasakan penulis buku Heal Your Body, Louise L. Hay yang pernah didiagnosa mengidap kanker pada vagina. Berlatar belakang pengalaman pernah diperkosa saat remaja, tidak heran bila emosinya termanifestasi dalam bentuk kanker di vagina.

Menurutnya, bukan dokter tak mampu melakukan pengobatan tapi ia sendiri yang tak mengubah mentalnya sehingga penyakit yang sama mendatanginya lagi.

Untuk bisa mengubah mental tersebut salah satunya dengan memahami MindBody Medicine. Menurut Adi W. Gunawan, ini adalah studi tentang aktivitas mental yang memengaruhi kesehatan dengan menggunakan intervensi mental dapat mengubah aktivitas mental seperti mengurangi stres atau emosi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Teknik

Ada beberapa teknik dalam MindBody Medicine yang digunakan untuk menghadapi masalah berada pada pikiran bawah sadar seperti dikemukakan Adi W. Gunawan yang memiliki dasar riset ilmiah seperti dikutip buku Pintar dan Bijak Menghadapi Kanker ditulis pada Jumat (19/6/2015).

1. Doa
Ini adalah intervensi kontroversial yang terkait dengan iman, keyakinan, agama dan kepercayaan terhadap kekuatan yang lebih tinggi dibanding manusia.

2. Psikoterapi
Intervensi komunikasi yang dilakukan secara verbal oleh profesional dengan pendekatan interpersonal.

3. Gambaran mental
Intervensi dengan imajinasi melalui kegiatan kreatif sesuai kebutuhan klien.

4. Hipnoterapi
Terapi yang dilakukan dengan pendekatan apa saja dengan bantuan kondisi pikiran sangat rileks untuk menjangkau pikiran bawah sadar klien.

5. Self-talk positif
Intervensi dengan kalimat positif dan dialog denan diri sendiri untuk menerjemahkan pikiran, perasaan, keyakinan dan pengalaman diri.

3 dari 3 halaman

Meditasi hingga Menulis Kreatif

6. Meditasi
Intervensi melalui praktik atau latihan pikiran supaya menjadi rileks sehingga dapat melepaskan keterikatan pada pikiran dan perasaan dengan menempatkan kesadaran pada saat ini.

7. Seni atau art therapy
Intervensi melalui eksepresi emosi atau jiwa dengan karya seni.

8. Yoga
Intervensi melalui latihan peyatuan jiwa dengan spirit alam semesta menggunakan teknik pernapasan dan gerakan-gerakan tertentu untuk mengendalikan tubuh.

9. Humor dan tawa
Intervensi melalui praktik tawa menikmati humor yang dilakukan di kapan saja dalam grup atau sendiri.

10. Menulis kreatif
Intervensi yang dilakukan dengan menulis ekspresif sebagai bentuk ekspresi diri untuk mengeluarkan emosi dan pikiran melalaui kata-kata atau cerita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini