Sukses

4 Potensi Perilaku Ortu yang Berpengaruh pada Anak

Orangtua merupakan orang yang paling dekat dengan kehidupan mereka sehingga tindak tanduknya bisa mempengaruhi perilaku anak.

Liputan6.com, New Delhi- Tak jarang perilaku anak bisa mirip salah satu dari orangtua. Sebenarnya, tak mengherankan, orangtua merupakan orang yang paling dekat dengan kehidupan mereka sehingga tindak tanduknya bisa memengaruhi perilaku anak.

Berikut empat perilaku orangtua yang berpotensi berdampak terhadap anak seperti dilansir laman Boldsky, Sabtu (20/6/2015).

1. Keterampilan sosial
Cara Anda bersosialisasi bisa ditiru anak-anak. Bila Anda lemah dalam bersosialisasi hal ini mungkin juga berpengaruh padanya. Kecuali jika ia mendapatkan pengaruh dari orang lain di dekatnya seperti kakek atau nenek bisa mengubahnya menjadi sosok yang luwes dalam bergaul.

2. Cara menangani stres
Biasa berteriak atau marah-marah saat sedang panik atau stres? Eittss, hal negatif ini bisa ditiru oleh anak Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara menghukum

3. Cara menghukum
Agar anak disiplin, orangtua kerap memberikan hukuman pada anak. Baik lewat tindakan maupun ucapan. Pastikan memikirkan setiap kalimat atau tindakan Anda saat menghukum anak karena ia bisa meniru tindakan ini nantinya.

4. Perilaku kasar
Tidak menghargai orang lain, suka mendominasi, membentak, dan aneka perilaku kasar lainnya bisa berdampak negatif pada anak. Anak-anak dapat dengan mudah mengikuti hal tersebut hingga ia dewasa.

 

Baca juga:

Bentak Anak yang Nakal Bikin Perilaku Makin Buruk

Hukuman Badan untuk Anak, Perlukah?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini