Sukses

5 Persiapan Khusus yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Puasa

Sebelum Anda berniat puasa, ada beberapa persiapan yang harus Anda perhatikan agar puasa makin sehat.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa jam lagi, umat Muslim di Indonesia akan melakukan pesiapan shalat tarawih jelang puasa Ramadan esok hari. Nah, sebelum Anda berniat puasa, ada beberapa persiapan yang harus Anda perhatikan agar puasa makin sehat.

Apa saja persiapannya? Berikut ulasannya yang kami kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Sahur

Selama Ramadan, umat muslim disunnah-kan bangun sahur. Pastikan untuk tidak melewatkan sahur dan perbanyak mengonsumsi serat seperti sayur dan buah agar tidak lemas selama puasa seharian.

Praktisi Kesehatan, Dr. Phaidon L Toruan, MM menyarankan untuk menghindari konsumsi nasi putih dan roti putih saat sahur karena jenis makanan ini memiliki indeks glikemik tinggi sehingga membuat gula darah dalam tubuh cepat naik dan berujung lemas.

Di samping itu, Pakar Geriatri dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM Dr. Purwita, Sp.PD-KGer mengatakan, penting untuk mengonsumsi air putih yang cukup, sekitar 4 gelas saat sahur. Dan menghindari konsumsi teh atau kopi saat sahur agar tidak cepat haus dan lemas.

2. Berhenti merokok

Merokok dapat memancing emosi seperti marah, gelisah, tidak sabar, dan sulit berkonsentrasi selama jam puasa. Untuk itu, puasa sering dijadikan alasan untuk hidup lebih sehat.

3. Stop gorengan

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc mengatakan, saat puasa, kita kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air, tapi tidak untuk lemak.

Untuk itu, tidak dianjurkan makan gorengan saat buka puasa karena lemak akan bertambah dan bisa jadi ini alasan banyak orang gemuk setelah puasa. Padahal orang puasa harusnya beratnya turun.

4. Mengatur jam istirahat

Jika biasanya Anda tidur larut malam dan bangun terlambat, mulailah mengatur waktu istirahat dari sekarang. Selama Ramadan Anda akan bangun lebih awal untuk sahur dan tidur setelah tarawih. Al-Arabiya melaporkan, tidur siang sekitar 15-30 menit saat puasa dianjurkan untuk memberikan energi hingga berbuka.

5. Konsultasi dokter

Jika Anda memiliki penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau refluks, mungkin sekarang waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter agar Anda aman berpuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.