Sukses

Pencak Silat Mulai Punya Penggemar

Sudah ada 40 negara yang mengakui pencak silat dan kini orang-orang tak malu lagi dengan pencak silat.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia tahun 1978, Eddie Nalapraya mengungkapkan rasa bangganya kini terhadap bela diri asal Indonesia ini yang sudah diakui negara lain dan berprestasi dalam berbagai acara.

"Sudah ada 40 negara yang mengakui pencak silat dan kini orang-orang tak malu lagi dengan pencak silat karena sudah beprestasi dalam berbagai ajang," terang Nalapraya usai acara Atraksi 1000 Pendekar dan Gelar Pangsi Betawi di sekitaran Bundaran HI ditulis Rabu (17/6/2015).

Jika dahulu orang-orang malu menggunakan baju silat, kini dengan bangga para pendekar ini memakai bajunya menuju padepokan.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto pun merasakan hal yang sama. Menurutnya dibandingkan 10 tahunan lalu, pencak silat kini mulai digemari.

"Pencak silat saat ini mulai mendapatkan tempat, tapi perkembangannya belum sebagus olahraga bela diri lain," ungkap Michael.

Menurutnya, bela diri asli Indonesia ini tak kalah hebatnya dibandingkan bela diri dari negara-negara lain. Sayangnya, orang lebih mengenal bela diri seperti karate atau tae kwon do. Untuk mengembangkannya tentu butuh kemauan dari bangsa ini sendiri.

Jadi mengapa kita yang ingin berlatih bela diri tidak mencoba pencak silat sebagai cara menghargai kreasi bangsa. "Bolehlah kita mengenal bela diri dari luar negeri, tapi kenali juga bela diri asli negeri sendiri," ungkap Nalapraya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini