Sukses

12 Jenis Kanker Intai Para Perokok

Menghisap tembakau tak hanya sebabkan terkena kanker paru-paru, namun berpotensi sebabkan 11 jenis kanker lainnya.

Liputan6.com, New York- Bahaya merokok bisa jadi lebih parah dari Anda bayangkan. Mengisap tembakau tak hanya sebabkan terkena kanker paru-paru, namun berpotensi sebabkan 11 jenis kanker lainnya.

Menurut JAMA Internal Medicine, merokok menyebabkan 48 persen kematian gara-gara terkena 12 jenis kanker. Jenis kanker paru-paru menduduki peringkat pertama penyakit yang paling banyak diderita perokok.

Di peringkat kedua, ada kanker laring. Lalu, ada juga kanker usus, esofagus, ginjal, hati, leukimia, rongga mulut, pankreas, perut, kandung kemih, serviks uterus seperti dilansir Time, Rabu (17/6/2015).

Angka ini didapatkan lewat analisis data dari tahun 2011 yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat. Di negara ini, paling tidak ada 168 ribu orang yang meninggal dunia karena kanker yang bersumber dari rokok.

Tak cuma kanker, merokok juga rugikan kesehatan lainnya. Salah satunya  kerusakan otak menurut para ilmuwan di Edinburgh dan Montreal. Lalu, serangan jantung, impotensi, hingga gangguan kehamilan dan janin.

 

Baca juga:

Tes untuk Perokok Apakah Idap Kanker Paru atau Tidak

Kiat Mudah Jelaskan Bahaya Rokok ala Bupati Kulon Progo

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini