Sukses

4 Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Bisa jadi bukan karena kurang tidur atau kurang asupan makanan, ketahui penyebab tubuh mudah lelah.

Liputan6.com, New Delhi Baru berjalan setengah hari, tapi kok tubuh rasanya sudah lelah. Padahal tidur sudah cukup semalam, sarapan dan makan siang pun tak tepat waktu. Apa yang salah? Bisa jadi ini adalah tanda ada yang tidak beres di dalam tubuh Anda.

Dilansir dari laman Times of India, Selasa (16/6/2015) berikut empat hal penyebab seseorang merasa mudah lelah.

1. Kurang zat besi atau anemia
Kurang zat besi dalam menu makanan Anda membuat tubuh seseorang mudah lesu. Meski banyak dialami perempuan, pria pun mungkin mengalaminya. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh konsumsi makanan sayuran hijau dalam menu sehari-hari.

2. Chronic Fatigue Syndrome (CFS)
Ini adalah penyakit yang membuat seseorang terus-terusan merasa kelelalahan hingga mempengaruhi kualitas hidup. Pasien sering mengeluh meski sudah cukup tidur tetap lelah keesokan harinya. Pergi ke dokter adalah cara untuk mengobati ini. Dokter akan mencari tahu penyebab CFS, apakah ketidakseimbangan hormon, infeksi virus, kekebalan rendah, hingga stres.

3. Diabetes
Kadar gula darah yang tinggi sering membuat seseorang kelelahan. Cara sederhana dengan tes darah dapat membantu Anda mengetahui kadar gula darah dan mengendalikannya.

4. Merasa tertekan
Perasaan tertekan atau cemas menyebabkan tubuh seseorang jadi mudah lelah. Jangan ragu untuk mengunjungi psikolog atau psikiater jika dirasa sudah mengganggu kehidupan.

Baca:

Otak Lelah dan Pikiran Tumpul? Minumlah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini