Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

4 Langkah agar Sperma Lebih Kuat, Cepat, dan Subur

Perubahan gaya hidup berpengaruh terhadap kualitas sperma yang lebih baik

Liputan6.com, New York- Sperma berkualitas baik merupakan salah satu penentu terjadinya pembuahan. Sayangnya keinginan untuk memiliki anak tidak diikuti dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dari pihak suami. Padahal perubahan gaya hidup berpengaruh terhadap kualitas sperma yang lebih baik.

Bagi Anda para suami, berikut empat gaya hidup yang sebaiknya dilakukan demi memiliki kualitas sperma kuat, cepat dan subur seperti diungkapkan Head of Reproductive Clevaland Clinic, Ashok Agarwal dilansir laman Men's Health, Senin (15/6/2015). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan Antioksidan

1. Konsumsi makanan kaya antioksidan 

Tomat (Foto: ilustrasi)
Polusi udara, radiasi UV, asap rokok, asap kendaraan bermotor dan aneka radikal bebas lainnya ada banyak di zaman modern ini. Padahal, radikal bebas yang berlebihan bisa jadi menyebabkan sperma pria cacat sehingga sulit untuk membuahi sel telur.
Untuk menangkal radikal bebas, peneliti Harvard nyatakan konsumsi makanan kaya likopen jadi solusi. Tomat adalah salah satu sumber makanan kaya likopen. 

3 dari 5 halaman

Olahraga

2. Rutin berolahraga 

Squash
Satu kali ejakulasi, pria bisa menghasilkan sperma sebanyak 15 juta hingga 150 juta sperma. Agar jumlah sperma yang dihasilkan jumlahnya maksimal, Agarwal mengingatkan untuk aktif berolahraga.
Saran dari Agarwal sama dengan ungkapan peneliti Harvard yang mengatakan bahwa sperma mereka lebih banyak berolahraga lebih 33 persen lebih banyak dibandingkan orang yang malas berolahraga. Menurut peneliti, olahraga dapat meningkatkan jumlah testosteron, yakni hormon yang mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma. 

4 dari 5 halaman

Batasi Ponsel

3. Batasi penggunaan ponsel 

Ini harga dan spesifikasi lengkap ponsel terbaru Microsoft, Lumia 640 LTE dan Lumia 640 XL
Studi di Claveland Clinic menyatakan orang yang menggunakan ponsel mengalami penurunan pergerakan sperma. Hal ini disebabkan karena gelombang elektromagnetik yang dipancarkan ponsel. 

5 dari 5 halaman

Sperma Tetap Hidup

4. Sperma tetap hidup 

Ilustrasi Sperma (Istimewa)
Jika pasangan tidak memiliki masalah dengan vagina yang kering, tidak perlu menggunakan pelumas. Meski pelumas mengaku menggunakan bahan natural, kemungkinan sperma mati karena cairan ini tetap ada.

 

Baca juga:

Semprotan Sperma Pertama, Paling Bagus untuk Membuahi

Stres Lemahkan Sperma Pria

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini