Sukses

7 Unsur yang Harus Diwaspadai dalam Makanan Sehari-hari

Mulai dari makanan cepat saji sampai susu yang kita beli pun sarat dengan pengawet kimia.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa sadar banyak makanan dan minuman di sekitar kita sudah tercemar oleh bahan yang tidak jelas. Mulai dari makanan cepat saji sampai susu yang kita beli pun sarat dengan pengawet kimia. Bahkan, buah-buahan dan sayuran yang kita anggap lebih sehat, juga sarat dengan pestisida kimia yang dapat merusak organ internal.

Kebanyakan dari kita juga mengandalkan pemanis buatan dengan asumsi penggati yang lebih sehat untuk sukrosa. Nyatanya, dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan seperti radang sendi, kembung, dan berat badan.

Berikut racun-racun yang ada di makanan, yang tanpa disadari berbahaya bagi kesehatan kita, dikutip dari situs Boldsky pada Senin (15/6/2015)

1. Lemak trans

Lemak trans ada di makanan olahan. Makanan ini mengandung minyak terhidrogenasi parsial dan pengawet. Penambahan ini dilakukan guna memastikan makanan tersebut dapat bertahan lama. Lemak trans dapat menyebabkan diabetes, kadar kolesterol tinggi, dan masalah jantung.

2. Pewarna buatan

Beberapa jenis pewarna makanan telah disetujui oleh badan makanan dan obat yang terjamin. Namun, tetap saja, masih menjadi ancaman bagi kesehatan kita. Pewarna di dalam makanan kemasan berisiko kanker. Oleh karena itu, lihatlah label untuk warna yang ditambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemanis buatan

3. Pemanis buatan nol kalori

Tak banyak yang tahu kalau gula buatan mengandung aspartam dan sakarin. Kandungan ini menyebabkan masalah pada sendi dan gastritis. Sungguh ironis jika orang menyebut pemanis buatan ini sehat, apalagi buat mereka yang berdiet. Justru penambahan ini menyebabkan berat badan bertambah.

4. Sodium nitrit dan nitrat

Nitrit dan nitrat dapat menyebabkan kanker, diabetes, dan penyakit tidak menular lainnya. Biasanya kandungan ini didapat di makanan seperti pizza. Untuk itu, pilihlah makanan segar dan organik sebagai gantinya.

3 dari 3 halaman

Garam

5. Garam

Asupan natrium berlebih menyebabkan tekanan darah tinggi dan ginjal. Makanan cepat saji dan makanan olahan mengandung banyak garam yang menyebabkan pembuluh darah kehilangan elastisitas, yang pada akrhinya menyebabkan masalah jantung.

6. Pestisida

Hampir seluruh makanan mengandung pestisida. Mereka adalah racun dan dapat merusak organ-organ kita. Cucilah buah dan sayuran sebelum mengonsumsinya.

7. Kafein

Konsumsi kopi lebih dari satu sampai dua cangkir menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan. Mengakibatkan terjadinya insomnia, gangguan pencernaan, dan kondisi lainnya. Sumber kafein dapat berasal dari minuman ringan dan minuman energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini