Sukses

Studi: Asma di Usia Tua Lebih Sulit Diobati

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan, pasien asma yang berusia 30 tahun ke atas lebih sulit diobati.

Liputan6.com, New York Bagi Anda yang mengidap asma, sebaiknya Anda perlu berhati-hati. Sebab sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan, pasien asma yang berusia 30 tahun ke atas lebih sulit diobati.

Seperti dikutip Times of India, Senin (15/6/2015) peneliti menilai, semakin bertambah usia, kekambuhan asma bisa sering muncul. Mirisnya, saat asma menyerang di usia dewasa, pengobatannya akan jauh lebih sulit, khususnya dengan steroid inhalasi.

"Morbiditas dan mortalitas asma meningkat pada pasien setengah baya dan lebih tua. Usia sepertinya memengaruhi perjalanan penyakit dan respon pengobatan," kata penulis studi, Profesor Kedokteran di Jewish Health Nasional di Denver, AS, Michael Wechsler.

Penelitian yang melibatkan 1.200 pasien ini meneliti asma ringan sampai sedang. Hasilnya, risiko kegagalan pengobatan meningkat pada pasien berusia 30 tahun ke atas.

"Kami juga menemukan, tingkat kegagalan pengobatan tidak secara signifikan berbeda antara pria dan wanita," kata Wechsler.

Penemuan yang dipublikasikan secara online dalam American Journal of Respiratory Critical Care Medicine ini didapat dengan menggunakan data Asthma Clinical Research Network pada 1993-2003.

"Kegagalan pengobatan terjadi pada 17,3 persen pasien berusia 30 tahun ke atas. Tak sebanding dengan 10,3 persen dari mereka yang di bawah usia 30," ujar peneliti.

Ketika dikelompokkan berdasarkan pengobatan khusus, kegagalan meningkat di antara pasien yang menggunakan kortikosteroid inhalasi. "Mereka mengalami gangguan fungsi paru-paru dan lamanya durasi asma."

 

Baca juga:

Kenali 10 Pemicu Asma di Rumah 

Anak Asma Alergi Kacang? 

Terapi Garam untuk Obati Asma dan Saluran Napas sedang Tren

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asma adalah penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran napas.

    Asma

Video Terkini