Sukses

4 Risiko Jika Gunakan Botol Minuman dari Plastik

Syukur bila botol plastik yang digunakan berasal dari kualitas yang bagus. Bagaimana bila yang digunakan plastik dari kualitas yang buruk?

Liputan6.com, Jakarta - Minum air dari botol plastik sama saja dengan mengorbankan kesehatan kita. Syukur bila botol plastik yang digunakan berasal dari kualitas yang bagus. Bagaimana bila yang digunakan plastik dari kualitas yang buruk?

Botol air dari wadah kaca dinilai lebih aman ketimbang wadah plastik. Namun, harga yang ditawarkan lebih mahal. Sedangkan kebiasaan masyarakat kita adalah lebih memilih wadah dengan harga murah, sekali pun mengorbankan kesehatan diri sendiri.

Minum air putih dari botol plastik masih bisa dikatakan aman, bila kondisinya seperti di bawah ini, dikutip dari situs Boldsky pada Selasa (16/6/2015).

1. Penggunaan hanya sekali

Jangan gunakan botol plastik lebih dari sekali. Sebagian besar botol plastik yang tersedia di pasar hanya untuk sekali pakai. Sebab, botol plastik itu terbuat dari polyethylene terephthalate (PET atau disingkat PETE). Sehingga harga lebih murah dan lebih ringan.

2. Kualitas plastik

Jika Anda bertanya-tanya apakah aman minum air putih dari botol plastik, jawabannya tergantung pada jenis plastik yang digunakan. 

3. Paparan bahan kimia

Hati-hati, paparan bahan kimia yang berasal dari plastik kualitas rendah meniru hormon estrogen yang mengakibatkan pubertas dini. Bahan kimia itu juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker prostat dan payudara.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kualitas botol plastik yang digunakan adalah rendah.

4. Bakteri

Jika air di dalam botol plastik tidak dimurnikan dengan benar sesuai prosedurnya, kemungkinan besar banyak bakteri penyebab penyakit hadir di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini