Sukses

Kurma Berkhasiat Meningkatkan Kesehatan Otak

Rasanya kurang lengkap bila tak mengonsumsi kurma selama bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Ramadan sudah di depan mata. Rasanya kurang lengkap bila tak mengonsumsi kurma selama bulan Ramadan. Nutrisi yang lengkap ditambah kandungan gula yang aman bagi diabetesi, membuat siapapun menyukainya.

Di balik kandungan gizinya, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti dikutip Realbuzz, Selasa (16/6/2015) berikut ini:

1. Menyehatkan pencernaan

Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat. Jadi, wajar bila makanan ini tinggi serat dan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan selama puasa. Kurma juga mengandung kalium, magnesium dan vitamin B yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat 2 dan 3

2. Meningkatkan kesehatan otak

Kekuatan otak selama puasa memang agak melemah jika Anda tidak mengonsumsi makanan yang tepat selama sahur. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan, ada cara mudah untuk mengembalikan fokus selama puasa, yakni makan kurma. Ya, hasil penelitian menunjukkan, kurma dapat meningkatkan fungsi otak termasuk membantu menurunkan jumlah hormon kortisol (hormon stres).

3. Menurunkan kolesterol

Tim ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan, orang yang puasa dengan mengonsumsi kurma selama Ramadan mengalami pengurangan kolesterol dalam darah. Dengan begitu, peneliti menyimpulkan, puasa dan kurma dapat menurunkan kolesterol serta meningkatkan kesehatan jantung. 

3 dari 3 halaman

Manfaat 4 dan 5

4. Detoksifikasi

Dengan tidak makan atau minum sepanjang hari saja, tubuh secara otomatis akan mendetoksifikasi sistem pencernaan. Apalagi bila Anda mengonsumsi buah kurma. Kandungan tinggi karbohidrat dan fruktosa yang mudah dipecah menjadi energi membuat tubuh Anda lebih sehat selama puasa. Kurma juga mengandung vitamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat serta diperkaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt, dan zink.

5. Menyerap lebih banyak nutrisi

Saat puasa, tubuh akan mengalami peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang memungkinkan otot-otot Anda untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Dengan mengonsumsi kurma, Anda akan mendapatkan nutrisi lengkap juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini