Sukses

Studi: Gadget Bisa Bantu Stimulasi Otak pada Bayi

Peneliti dari University of London menganjurkan segera Segera berikan gadget seperti Tablet begitu anak lahir ke dunia.

Liputan6.com, London - Jika orangtua mati-matian menjauhi si kecil dari gadget, para peneliti dari University of London justru menganjurkan hal sebaliknya. Segera berikan gadget seperti Tablet begitu anak lahir ke dunia.

Umumnya orangtua takut si kecil jadi malas bergerak dan antisosial jika telah mengenal gadget sejak usia dini. Namun, hasil penelitian membantah ketakutan itu. Justru gadget lebih membantu si anak dalam menstimulasi otak mereka ketimbang buku.

"Anak bahkan lebih cepat dari orang dewasa untuk melakukan hal-hal sederhana seperti menggulir tulisan ke atas dan ke bawah," kata Pemimpin Penelitian, Profesor Annete Karmiloff-Smith dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (16/6/2015).

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada anak-anak berusia 6 sampai 10 bulan, Annete menarik kesimpulan bahwa anak zaman sekarang lebih mudah menangkap sesuatu dari hal-hal yang bergerak dan mengeluarkan suara. "Mereka lebih senang yang bentuknya visual," kata Annete menambahkan.

Annete percaya, anak-anak yang diberikan komputer tablet sedari kecil akan menunjukkan tanda-tanda yang baik dalam hal perkembangan otak.

Sebelumnya, Mantan Direktur di Royal Institution sekaligus Ahli Saraf Baroness Susan Greenfield mengingatkan bahwa paparan layar komputer dapat membuat anak menjadi demensia sementara. Selain itu, kecanduan yang tidak sehat pada teknologi, yang membuat otak mereka menyusut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini