Sukses

Biasakan Minum Air Putih agar Anak Tak Obesitas

Orangtua dianjurkan mulai memperkenalkan manfaat air putih sedini mungkin.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua dianjurkan mulai memperkenalkan manfaat air putih sedini mungkin. Jangan sampai anak terlanjur suka dan menjadikan mengonsumsi minuman bersoda dan pewarna sebagai suatu kebiasaan.

"Ajarkan pelan-pelan saja. Saat bangun dan beranjak tidur minimal (minum) sebanyak 1 gelas penuh, misalnya," kata Spesialis Gizi dari FKUI, dr Sri Sukmaniah, Msc, SpGK ditulis Senin (15/6/2015).

Sri Sukmaniah mengingatkan, prevalensi anak obesitas alami peningkatan. Karenanya jangan sampai anak kita mengalami kondisi tidak menyehatkan itu. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari konsumsi minuman olahan, dan rutin meminum air putih.

"Kita harus sama-sama mengamati prevalensi obesitas pada anak," kata dia menambahkan.

Minuman bersoda, jelas Sri, mengandung gula cukup tinggi dan jumlah kalori yang cukup besar. Tentunya selain pengawet dan pewarna. Jika anak tidak aktif bergerak, penumpukan kalori ini menjadi lemak.

"Lebih baik sumber kalori buat anak berasal dari makanan saja. Sebab, kalori di minuman soda sebesar 200 sampai 300 ccal," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.