Sukses

Siasat Atasi Gangguan Sulit Makan di Trimester Pertama Kehamilan

Ketika berat badan terlampau kurus sebelum menikah dan hamil, konsumsilah makanan padat energi, protein, dan kalori.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan ibu hamil mendadak tak napsu makan saat menjalani kehamilan di trimester pertama. Oleh karena itu, jangan sampai sebelum memulai kehamilan berat badan kurang dari 45 kilogram atau BMI lebih dari 18,5.

"Kalau sebelum menikah kurus banget, saat hamil berat badannya harus dinaikkan. Tentunya dengan cara yang sehat," kata Peneliti Senior Kohor 2011-2014 Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr Ir Anies Irawati ditulis Minggu (14/6/2015)

Ketika berat badan terlampau kurus sebelum menikah dan hamil, konsumsilah makanan padat energi, protein, dan kalori. "Sedikit saja, tapi sering. Jangan banyak sekaligus," kata dia menambahkan.

Selain itu, tambahkan segelas susu tanpa gula, plus perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Untuk itu, Anies menganjurkan agar perempuan yang ingin menikah dan memiliki anak mempelajari tentang proporsi tubuh. Sebab, bila terlalu kurus berisiko pada berat badan dan panjang bayi saat lahir. 

"Kalau ukuran tubuh perempuan pendek, umumnya rahim dan plasentanya juga kecil," kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.