Sukses

Orang yang Lahir Bulan Mei Paling Sehat, Apa Iya?

Peneliti dari Columbia University orang yang lahir di bulan ke-lima ini memiliki kesehatan paling prima.

Liputan6.com, New York- Anda lahir di bulan Mei? Jika iya, menurut studi yang dilakukan peneliti dari Columbia University orang yang lahir di bulan kelima ini memiliki kesehatan paling prima dibandingkan yang lahir bulan lainnya.

Para peneliti menggunakan algoritma untuk mengidentifikasi hubungan signifikan antara bulan kelahiran dan 55 penyakit lainnya termasuk ADHD, asma dan penyakit jantung. Hasilnya, orang yang lahir bulan Mei memiliki risiko yang rendah untuk terkena penyakit, sedangkan yang tertinggi mereka yang lahir di bulan Oktober.

Ilmuwan yang terlibat mengamati aneka penyakit dan 1,7 juta pasien yang dirawat di New York pada tahun 1985-2013 untuk mengidentifikasi bulan yang paling banyak penderita asma, ADHD, dan sembilan jenis penyakit jantung.

Untuk mendukung hasil temuan ini, peneliti berniat untuk melakukan studi serupa di tempat lokasi lain untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan yang berkontribusi terhadap perbedaan kesehatan seperti dilansir laman Time, Minggu (14/6/2015).

"Meski kami menemukan keterkaitan hubungan bulan kelahiran dengan risiko terkena penyakit, jauh lebih penting untuk memikirkan variabel lain yang lebih berpengaruh terhadap kesehatan seperti pola makan dan olahraga," terang penulis studi yang juga asisten profesor di Columbia University, Nicholas Tatonetti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini