Sukses

Resep Tradisional Antigatal

Berikut resep jamu gatal dikutip dari Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa

Liputan6.com, Jakarta Gatal-gatal yang terasa di sekujur tubuh dapat terjadi bila ada gangguan di kulit. Seperti panu, kudis, dan kurap. Kalau kondisi semacam ini berada di area yang tak terlihat, mungkin tak akan jadi masalah.

Namun, semua berbalik menjadi malapetaka saat gatal-gatal dan gangguan kulit itu terjadi di area yang mudah terlihat.

Tentunya, kondisi semacam ini tak ingin Anda alami, dong? Berikut resep jamu gatal dikutip dari Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa pada SAbtu (13/6/2015).

Bahan

2 jari rimpang temu ireng/temu hitam
2 jari rimpang kunyit
1 jari rimpang temu lawak
2 jari brotowali
4 helai daun sirih

Cara membuat

Kupas dan cuci bersih semu bahan. Temu ireng, kunyit, dan temulawak ditumbuk hingga halus lalu direbus dengan 2 gelas air bersama brotowali, daun sirih. Tambahkan gula arena dan air asam jawa. Saring, minum ramuan ini 1 kali sehari, pada sore hari. Sebaiknya, jangan diminum setiap hari, tapi 2 hari sekali saja.

Khasiat

Minyak atsiri, damar, dan zat kurkumin yang terkandung di dalam temu ireng (temu hitam) berkhasiat menyembuhkan gangguan kulit seperti kudis. Demikian juga temu lawak, brotowali, kunyit, dan sirih yang berkhasiat menyembuhkan gata-gatal seperti eksem dan kudis. Kunyit dan temu lawak juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.