Sukses

Risiko dan Bahaya Menggunakan Lensa Kontak, Waspadalah

Kebersihan tangan sebelum pakai lensa kontak itu wajib.

Liputan6.com, New York- Penggunaan lensa kontak bisa menyebabkan infeksi mata mulai dari mata merah hingga kondisi yang lebih parah. Ini terjadi karena makin banyaknya bakteri di mata, tiga kali lebih banyak dibanding pada mata yang tidak menggunakan soft lens. Demikian setidaknya yang terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari NYU Langone, Amerika Serikat.

"Karena ada organisme yang masuk ke mata yang tampaknya dari kulit, perhatian lebih besar harus diarahkan pada kebersihan kelopak mata dan tangan," terang salah satu peneliti dan juga dokter mata dari NYU Langone, Jack Dodick.

Demi mencegah infeksi mata, para pengguna lensa kontak bisa mengikuti petunjuk dokter Mata dari Berkeley, Michigan, Amerika Serikat, Steven Shanbom, MD dilansir laman Health, Jumat (12/6/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga cara

1. Cuci tangan pakai sabun sebelum pakai lensa kontak
Sebelum memakai lensa kontak, pastikan mencuci tangan dengan sabun dulu. Kemudian bersihkan lensa kontak dari bakteri berbahaya. Baru masukkan ke mata.

2. Ganti lensa kontak setiap kali pakai
Dokter Shanbom mengatakan penggunaan lensa kontak sekali pakai sebagai salah satu cara terbaik menghindari infeksi mata. Jika tidak, pastikan lensa kontak selalu dalam keadaan bersih.

3. Jika tidak diperlukan, lebih baik pakai kacamata
Cara terbaik untuk menghindari mata merah akibat infeksi mata atau sesuatu yang lebih parah adalah dengan membatasi penggunaan lensa kontak. Dokter Shanbom menyarankan memakai lensa kontak hanya selama hari kerja, maksimal penggunaan 12-14 jam per hari.

 

 

Baca juga:

Hati-hati, Banyak Oknum Jahat yang Jual Lensa Kontak Warna

Bahaya di Balik Penggunaan Lensa Kontak Saat Berenang

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini