Sukses

Studi: Dengarkan Musik Bisa Obati Sakit Jantung

endengarkan musik secara teratur, bisa mengobati jutaan orang dengan penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian di Inggris menemukan hal menarik. Mendengarkan musik secara teratur, bisa mengobati jutaan orang dengan penyakit jantung. 


Begitu disampaikan ahli jantung dari University of Oxford, Prof. Peter Sleight. Penemuan ini dilakukan selama lebih dari 20 tahun dan hasilnya cukup menggembirakan.

Mengutip laman Mirror, Senin (18/1/2016) dalam penelitiannya, para ilmuwan ini memainkan gaya musik yang berbeda setiap orang. Masing-masing dari mereka dinilai respon jantungnya termasuk tekanan darah dan denyut nadi.

Hasilnya, musik yang menenangkan terutama ciptaan Giuseppe Verdi ternyata bisa mengubah tekanan darah dan denyut jantung lebih stabil. Hal ini membuat ilmuwan beranggapan, musik bisa menjadi terapi bagi penderita jantung.

"Musik memang telah digunakan secara komersial sebagai terapi. Namun penelitian memberikan pemahaman tentang bagaimana musik, khususnya irama tertentu, dapat mempengaruhi jantung dan pembuluh darah," katanya.

Kendati demikian, Sleight berharap, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengurangi skeptisisme dari musik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.