Sukses

Studi: Jus Tomat Bisa Ringankan Gejala Menopause

Mengonsumsi jus tomat secara rutin dua kali sehari selama delapan minggu dapat meringankan gejala menopause.

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari tomat. Sebuah penelitian di Jepang menemukan, mengonsumsi jus tomat dapat meringankan gejala menopause.

Mengutip laman Daily Mail, Rabu (10/6/2015) gejala menopause seperti sering cemas, mudah tersinggung dan sebagainya bisa menganggu aktivitas. Namun peneliti dari Tokyo Medical University menemukan, konsumsi 200 ml jus tomat dua kali sehari selama delapan minggu bisa mengurangi gejala menopause serta kolesterol.

Dalam studi yang melibatkan 93 perempuan ini juga memperlihatkan bagaimana perempuan yang minum jus tomat dapat menurunkan kadar lemak darah.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Nutrition ini juga mencatat, kandungan asam gamma-aminobutyric pada tomat, bertindak seperti hormon estrogen. Sedangkan kita tahu, saat menopause, hormon estrogen akan berkurang.

Healthmeup melaporkan, gejala menopause bisa ditandai dengan insomnia, hot flashes (rasa panas disertai wajah memerah) dan perubahan mood.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.