Sukses

4 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersama Antibiotik

Makanan tertentu bahkan dapat menghambat penyerapan obat dan menganggu cara kerja tubuh untuk sembuh dari suatu penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah makanan memiliki efek buruk bagi obat-obatan. Makanan tertentu bahkan dapat menghambat penyerapan obat dan menganggu cara kerja tubuh untuk sembuh dari suatu penyakit. Untuk mencegahnya, Anda harus memerhatikan 4 jenis makanan yang dikonsumsi, seperti dikutip Healthmeup, Rabu (10/6/2015):

 
1. Menghindari makanan dan minuman asam

Hindari makanan dan minuman seperti buah jeruk, cokelat, minuman ringan dan makanan asam lain seperti tomat beserta olahannya, saus tomat. Makanan ini akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap obat, terutama antibiotik.
 
2. Produk susu, kecuali yoghurt
 
Hampir semua produk susu, kecuali yoghurt dapat mengambat penyerapan antibiotik. Yoghurt dipercaya mengandung probiotik sehingga mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan membantu tubuh Anda cepat pulih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suplemen besi


 
3. Suplemen besi
 
Seperti halnya produk susu, zat besi juga mengganggu penyerapan obat. Jika Anda sedang mengonsumsi antibiotik, cobalah menunggu setidaknya tiga jam sebelum mengonsumsi suplemen.
 
4. Makanan tinggi serat
 
Makanan tinggi serat sangat sehat, tapi bukan pilihan terbaik ketika Anda sedang mengonsumsi antibiotik. Makanan seperti biji-bijan dan kacang-kacangan ini akan memperlambat penyerapan obat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.