Sukses

Sukses Cangkok Kepala Tikus, Dokter Ingin Cangkok Kepala Manusia

Ahli Bedah di Cina, Xiaoping Ren, berhasil lakukan 1000 kali transplantasi kepala tikus, kini ia ingin lakukan transplantasi pada manusia.

Liputan6.com, Jakarta Ahli Bedah di China, Xiaoping Ren, telah berhasil melakukan 1.000 kali transplantasi kepala tikus sejak tahun 2013. Kini ia ingin melakukan transplantasi serupa pada manusia. Seperti yang dilaporkan pada Wall Street Journal, kesuksesan Ren dalam operasi pencangkokan kepala tikus itu melampaui ahli bedah lainnya. Tikus-tikus yang berhasil ia tukar kepalanya bisa memiliki warna bulu yang berbeda antara kepala dan tubuhnya. Setelah operasi, tikus-tikus tersebut pun dapat hidup cukup lama. 

Puas dengan keberhasilannya mencangkok kepala tikus, Ren berencana untuk mencoba tekniknya itu pada monyet. Pada jurnal itu juga ditulis bagaimana ia berharap bisa berhasil mencangkok kepala monyet yang dapat hidup dan bernapas sendiri, paling tidak untuk sementara waktu, dilansir Time, Selasa (9/6/2015). 

Meskipun pencangkokan kepala pada manusia mungkin dan bisa dilakukan, hal ini akan menuai kontroversi terkait kode etik. Para ilmuwan ragu rencana Ren itu dapat dilakukan di Amerika Serikat, bahkan untuk kepentingan eksperimental sekalipun. “Keseluruhan idenya sangat konyol,” ujar Medical Professor, Arthur Caplan dari New York University. 

Transplantasi atau pencangkokan kepala menawarkan berbagai kemungkinan yang dapat mengubah hidup seseorang, khususnya bagi penderita disabilitas atau mereka yang mengalami kecelakaan dan trauma parah. Misalnya, pasien yang mengalami kelumpuhan dapat memeroleh tubuh yang berfungsi sempurna  jika kepalanya dicangkokkan ke tubuh orang lain yang masih sehat. Atau misalnya pasien koma yang mengalami kerusakan atau kematian otak, namun tubuhnya masih utuh dan berfungsi normal, maka dapat terbangun dari komanya jika dicangkokkan kepala baru dengan otak yang masih sehat. 

Itulah yang terjadi ketika Dr. Ren memberi seekor tikus hitam kepala baru yang berwarna coklat. Saat ia mencabut ventilator dari kerongkongan si tikus, tikus secara spontan bernapas melalui tubuh baru. Satu jam kemudian, tubuhnya menggelepar. Hingga beberapa jam setelah itu, matanya mulai terbuka. (Aji)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.