Sukses

Ini Dia Sumber Informasi Kesehatan Para Remaja Zaman Sekarang

Informasi paling banyak dicari remaja: fitnes dan olahraga.

Liputan6.com, New York- Kehadiran internet kini makin tak terelakkan dari sendi-sendi kehidupan manusia, termasuk pada kehidupan remaja. Bahkan, internet menjadi jawaban akan beragam pertanyaan kesehatan pada remaja berdasarkan studi global baru-baru ini.

Sekitar 53 persen dari 1.156 remaja usia 13 hingga 18 tahun mengatakan internet menjadi sumber informasi untuk menjaga kesehatan dibandingkan untuk mengecek gejala atau mendiagnosis penyakit.

Selain itu, sekitar 13 persen remaja menggunakan internet untuk mencari tahu informasi penyakit yang dialami anggota keluarga. Hanya 13 persen yang mencari jawaban di internet untuk topik-topik yang dirasa tak nyaman didiskusikan dengan orangtua.

Berdasarkan studi dari Northwestern University diketahui pula topik yang paling dicari tahu jawabannya oleh remaja. Paling tinggi mereka mencari tahu tentang fitnes dan olahraga, lalu diet dan nutrisi, diikuti stres hingga pubertas.

Mengingat begitu besarnya jumlah remaja yang mengakses internet bertanya tentang kesehatan, penulis studi dan profesor komunikasi, Ellen Wartella menyatakan peran orangtua membantu mengarahkan remaja mencari sumber informasi terpercaya di internet.

"Orangtua harus mampu meningkatkan keterampilan literasi digital, sehingga bisa mengajarkan kepada anak-anak memilah informasi kesehatan di media online," terang Wartella seperti dilansir Live Science, Selasa (9/6/2015).

 

Baca juga

30 Juta Anak Melek Internet, Hati-hati Dampak Negatifnya!

Pengguna Internet Indonesia Didominasi Remaja & Wanita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.