Sukses

Di Dunia Ini Ada Lho Orang yang Selalu Sehat

Sekitar 4,3 persen orang tak permasalahan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Selalu sehat tanpa keluhan penyakit pasti keinginan setiap orang. Dan ternyata ada lho orang-orang yang hidup tanpa masalah kesehatan. Kurang dari lima persen penduduk dunia tidak memiliki masalah kesehatan di tahun 2013 berdasarkan studi terbaru yang didanai Bill & Melinda Gates Foundation.

Fakta ini ditemukan setelah peneliti menganalisis 300 penyakit dan kondisi mulai dari jerawat hingga premenstrual syndrome (PMS) serta penyakit serius seperti jantung dan diabetes terhadap masyarakat di 188 negara.

Tak disangka, peneliti menemukan sekitar 4,3 persen orang tak memiliki masalah kesehatan. Hasil temuan selanjutnya, seiring bertambahnya usia kemungkinan memiliki penyakit terus meningkat. Lalu, di negara maju sekitar 64 persen balita memiliki masalah kesehatan.

Studi ini menemukan, dalam dua dekade terakhir jumlah orang yang hidup disabilitas bertambah yakni dari angka 537,6 juta di tahun 1990 menjadi 764,8 juta di tahun 2013. Beberapa penyebab utama disabilitas di seluruh dunia yakni sakit punggung, depresi berat, nyeri leher, migrain, diabetes,dan gangguan kecemasan.

Menurut peneliti, peningkatan disabilitas terjadi karena pertumbuhan populasi yang lebih besar. Peneliti telah mencatat, meski telah terjadi upaya pengurangan kematian, penting juga memperhatikan kesehatan manusia tanpa disabilitas seperti dilansir Live Science, Selasa (9/6/2015).

"Mengatasi masalah ini memerlukan pergeseran prioritas kesehatan di seluruh dunia. Bukan hanya menjaga orang hidup sampai usia tua, tapi menjaga kesehatannya," terang salah satu peneliti yang juga profesor kesehatan global di University of Washington's Institute of Health Metrics and Evaluation di Seattle, Amerika Serikat.

 

Baca juga:

Ingin Terus Sehat? Selaraskan Keinginan dengan Pikiran

Mengapa Bahagia Bikin Tubuh Lebih Sehat?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini