Sukses

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pria Saat Berpacaran

Kebanyakan pria tak menyadari kesalahannya dan terus mengulangi dalam setiap hubungan yang mereka jalani.

Liputan6.com, Jakarta Dua sejoli yang sedang memadu kasih biasanya menginginkan hubungannya bisa bertahan hingga jangka panjang. Tapi, ada kalanya hubungan itu bermasalah akibat ulah pria. Apa sebabnya?

Sebenarnya kebanyakan pria tak menyadari kesalahannya dan terus mengulangi dalam setiap hubungan yang mereka jalani. James Michael Sama dari Beliefnet mengkompilasi dan menjelaskan 7 kesalahan besar yang sering dilakukan pria dalam berhubungan asmara seperti dikutip Pulse, Minggu (7/6/2015). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pria tak benar-benar mempelajari tentang wanita

1. Pria tak benar-benar mempelajari tentang wanita

"Ini selalu mengejutkan saya. Orang (pria dan wanita) menghabiskan hidup mereka untuk belajar tentang bisnis, sejarah, ilmu pengetahuan, dan subjek apa pun. Tapi ketika berurusan tentang hubungan, umumnya banyak yang tidak mengerti," kata Sama.

Menurutnya, pria tak menggunakan waktu yang ada untuk mengamati, berbicara dengan wanitanya atau belajar tentang lawan jenis. 

Semakin Anda berusaha mempelajari wanita, khususnya yang ada dalam hidup Anda, semakin besar kemungkinan Anda menjadi selaras dengan perasaannya, emosi, suka dan tidak suka. 

"Hal ini tentu saja menyebabkan hubungan yang bahagia karena Anda dapat mengantisipasi keinginan dia dan kebutuhannya. Anda tidak perlu membaca pikiran seorang, Anda hanya perlu sedikit berusaha," cetus Sama. 

3 dari 6 halaman

Pria tidak membuatnya jadi prioritas

2. Pria tidak membuatnya jadi prioritas

Pria kerap tenggelam dalam karir, bisnis, teman, atau kepentingan mereka yang lain, yang nyaris membuat waktu untuk kekasihnya sendiri habis. 

"Sebagai pengusaha, saya mengerti pentingnya fokus pada bisnis dan kemajuan, tapi saya juga memahami keindahan dan kedalaman hubungan pada kehidupan Anda, dan pentingnya peran Anda di dalamnya. Wanita dalam hidup Anda ingin merasa dihargai," kata Sama.

Ia menjelaskan, wanita ingin merasa dipuja. Wanita ingin pria hadir secara emosional ketika bersamanya. Wanita bukannya ingin memiliki Anda terus-menerus, tapi tentu saja dia ingin merasa dicintai, sama seperti Anda. 

Jika Anda berhenti berupaya membuat wanita Anda merasa istimewa setiap harinya, Anda kehilangan hak Anda untuk mengeluh ketika ada orang lain yang membuat wanita Anda merasa spesial. 

4 dari 6 halaman

Pria tidak berusaha membangun dasar hubungan

3. Pria tidak berusaha membangun dasar hubungan

Persahabatan dan kepercayaan adalah dasar penting dalam setiap hubungan, seperti membangun dasar yang penting pada rumah. 

Banyak pria menghindari persahabatan dengan wanita karena mereka takut berada di 'zona teman'. Tetapi penting untuk menyadari bahwa banyak hubungan yang dibangun dari persahabatan. Itu yang membuat dua orang bersama-sama dalam jangka panjang. 

"Anda dapat memiliki persahabatan tanpa hubungan, tetapi Anda tidak dapat memiliki hubungan tanpa persahabatan," jelas Sama. 

5 dari 6 halaman

Pria tidak konsisten

4. Pria tidak konsisten 

"Satu lagi pertanyaan paling umum yang saya dapatkan dari wanita tentang pria adalah: Mengapa pria begitu panas dan dingin? Pria bisa berbicara tentang komitmen dan hubungan satu hari, dan kemudian benar-benar menghilang. Apa yang menyebabkannya?" kata Sama.

Pria harus lihat faktanya bahwa Anda berbicara dengan manusia nyata dengan perasaan nyata dan emosi. Jika Anda tertarik padanya, katakan padanya. Jika Anda tidak tertarik padanya, juga katakan padanya. Seorang pria tidak akan pernah membiarkan seorang wanita jatuh jika ia tidak berniat menangkapnya. 

6 dari 6 halaman

Pria belum menemukan dirinya dan jalannya

5. Pria belum menemukan dirinya dan jalannya 

Untuk alasan itu pria tidak akan siap untuk sebuah hubungan sampai setidaknya memiliki pegangan yang lebih baik. Agar orang lain senang, Anda terlebih dahulu harus bahagia dengan diri sendiri. 

"Itu adalah hubungan yang paling penting yang pernah Anda miliki. Jika salah satu tidak sehat, tidak ada orang selain Anda yang akan baik," tandas Sama.  

Sebuah hubungan bukan tentang dua orang yang saling melengkapi, ini tentang dua orang yang sudah utuh dan menerima satu sama lain sepenuhnya. (Melly F)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini